Follow Us:

Sejarah Unik Swallow, Sandal Jepit Andalan Masyarakat Indonesia

Ilustrasi - Sandal Swallow, andalan jutaan masyarakat Indonesia. (Flickr/ Kristin Kokkersvold)

Salah satu ciri khas Orang Indonesia adalah kebiasaan memakai sandal ke mana-mana. Nah, salah satu merek sandal paling populer dan bertahan dari generasi ke generasi di Indonesia adalah Swallow. Kamu sudah tahu belum sejarah unik dari sandal ini? Yuk, simak!

Inibaru.id - Nggak hanya hobi makan kerupuk dan sambal, orang Indonesia juga memiliki satu ciri khas lain, yakni kebiasaannya memakai sandal ke mana-mana. Bahkan, sandal yang dipakai sangatlah sederhana, yakni sandal jepit.

Nah, kalau kamu cermat, ada satu merek sandal jepit yang paling membekas bagi masyarakat Indonesia, yakni "Swallow." Sandal ini bahkan sudah bertahan dari generasi ke generasi, lo. Hanya, kamu tahu nggak seperti apa sih sejarah merek sandal yang dikenal harganya sangat merakyat ini?

Baca Juga:
Sandal Hotel, Boleh Dibawa Pulang Nggak Sih?

Meski namanya ada embel-embel Bahasa Inggris, sandal Swallow asli Indonesia, kok, Millens. Sandal ini diproduksi oleh PT Sinar Jaya Prakasa. Pemilik perusahaan ini adalah Amir Djohan. Tebak, sejak kapan perusahaan ini sudah memproduksi sandal Swallow? Yap, sudah sejak 1982! Sudah lama juga, ya? Pantas saja bisa digunakan oleh banyak orang.  

Pabrik sandal Swallow berlokasi di Jalan Kemal Raya Nomor 1, Tegal Alur, Cengkareng, Tangerang. Selama lebih dari 38 tahun menyediakan sandal jepit yang murah dan nyaman bagi masyarakat, merek ini terus melakukan transformasi menyesuaikan minat pasar. Karena alasan inilah, kini kita nggak hanya menemukan sandal polos, melainkan juga sandal dengan beragam varian warna yang menarik.

IDigunakan untuk banyak aktivitas masyarakat. (Mojok)

Tebak, Millens, seberapa harga sandal Swallow saat kali pertama muncul? Harganya ternyata hanya Rp 1.500, lo. Murah banget! Hanya, harganya terus merangkak naik mengikuti inflasi dan biaya produksi yang juga terus meningkat. Sekarang, harganya di pasaran berkisar Rp 13 ribu.

Harga ini masih dianggap murah oleh semua kalangan, termasuk masyarakat kelas bawah. Sandal ini pun tetap laris manis di pasaran karena bisa ditemukan di mana saja, baik itu dipakai orang di pasar, masjid, atau untuk kebutuhan harian di dalam atau sekitar rumah.

Baca Juga:
Ternyata 5 Barang Sehari-hari ini Bisa Kedaluwarsa, lo

Eksistensi sandal Swallow masih terus bertahan hingga kini. Meskipun ada banyak merek sandal baru yang muncul dengan mengedepankan fesyen terkini, sandal Swallow tetap ada di hati masyarakat karena kesederhanaannya dan kenyamanan saat dipakai. Menariknya, logo, model, atau nama sandal Swallow masih belum berubah hingga sekarang sehingga membuatnya makin melegenda.

Jadi, sudah tahu kan sejarah unik dari sandal jutaan umat orang Indonesia ini. Omong-omong, kamu punya berapa pasang sandal Swallow di rumah, nih, Millens(War/IB28/E07)

Tags :

#Sandal #sandal jepit #swallow

ARTIKEL TERKAIT