BerandaHits
Senin, 14 Apr 2024 09:07

Sebelum Dimakan, Haruskah Kulit Buah Dikupas?

Kulit buah sebaiknya dikupas atau nggak sebelum dimakan? (Pexels/Miriam Alonso)

Khusus untuk buah seperti apel, kiwi, atau pir, kulit buah sebaiknya dikupas nggak, ya sebelum dimakan?

Inibaru.id – Sebagai warga negara tropis, kita diuntungkan dengan melimpahnya aneka buah yang bisa dengan mudah tumbuh di Indonesia. Alhasil, harga buah pun cenderung murah jika dibandingkan dengan harga buah di negara-negara lain, khususnya yang lebih dekat dengan area kutub.

Nah, kalau kamu tergolong orang yang hobi makan buah setiap hari, pasti ngeh dengan adanya buah yang sebaiknya dikupas kulitnya atau langsung dimakan. Sebagai contoh, kalau makan pisang, salak, atau durian, wajib dikupas kulitnya karena memang nggak bisa dimakan. Tapi, untuk buah-buahan seperti anggur, pir, atau apel, sebaiknya sebelum dimakan kulitnya dikupas nggak, ya?

Terkait dengan pertanyaan ini, The United States Department of Agriculture dari Amerika Serikat menyebut kulit beberapa buah seperti apel sebaiknya tetap dimakan, bukannya dikupas. Alasannya, pada kulit buah ini, ada banyak nutrisi sehat yang baik bagi tubuh kita.

Di dalam kulit apel misalnya, bisa kamu temui vitamin K 332 persen lebih banyak dari buahnya, vitamin A lebih banyak 142 persen, dan vitamin C 115 persen lebih banyak. Nggak hanya itu, kamu bakal mendapatkan 20 persen kalsium lebih banyak dan 19 persen potassium lebih banyak pada apel yang nggak dikupas kulitnya jika dibandingkan dengan apel yang dikupas.

Kulit buah kaya serat

Kulit buah kaya akan serat dan nutrisi sehat lainnya. (Netralnews)

Hal lain yang bisa bikin pertimbangan buatmu untuk nggak mengupas kulit buah apel, pir, atau anggur adalah kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kamu tahu sendiri kan kalau serat bisa bikin rasa kenyang lebih awet sehingga kamu pun jadi nggak mudah tertarik ngemil makanan nggak sehat. Dampaknya, kamu bisa menjaga berat badan, deh.

Apalagi, serta pada kulit buah termasuk dalam jenis serat kental yang cenderung efektif menahan rasa lapar. Klop banget buatmu yang pengin menjalani program diet!

Selain itu, di dalam kulit buah juga banyak antioksidan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit dan dampak buruk radikal bebas. Kamu pun jadi nggak mudah jatuh sakit, deh.

Sayangnya, meski banyak memberikan manfaat kesehatan, proses pengemasan dan distribusi buah yang belum tentu baik membuatmu memang sebaiknya berpikir ulang jika pengin memakan buah dengan kulitnya. Selain itu, bisa jadi saat ditanam, buah terpapar pestisida yang tentu nggak baik jika sampai tertelan oleh tubuh.

Beda cerita jika buahnya ditanam secara organik tanpa adanya paparan pestisida atau bahan kimia, sekaligus dikemas dengan baik. Bisa dikatakan, buah-buah tersebut tinggal dicuci bersih dan aman dikonsumsi.

Melihat fakta-fakta ini, kamu sudah menentukan apakah bakal masuk tim makan buah dikupas kulitnya atau yang nggak dikupas kulitnya, nih, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT