BerandaHits
Senin, 21 Apr 2024 06:57

Tips Mencegah Lalat Masuk Rumah

Mencegah lalat masuk rumah. (Blibli)

Meski rumah sudah bersih, terkadang lalat bisa masuk rumah begitu pintu atau jendela dibuka. Lantas, apakah ada cara mencegah lalat masuk rumah?

Inibaru.id – Selain nyamuk dan kecoak, lalat barangkali adalah serangga yang paling menyebalkan bagi manusia. Selain jorok karena sering hinggap di tempat kotor seperti sampah atau kotoran, lalat juga bisa hinggap di makanan atau kulit kita. Kalau sudah begitu, kulit dan makanan bisa terkontaminasi kotoran, virus, bakteri, dan sumber penyakit berbahaya, deh.

Masalahnya, mencegah lalat masuk rumah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang, kita sudah dengan baik memperhatikan kebersihan rumah, tapi ternyata di luar rumah ada hewan buang kotoran sembarangan atau ada sampah tercecer dari orang lain. Begitu membuka pintu atau jendela, lalat pun bisa tiba-tiba masuk ke rumah begitu saja, Millens.

Untungnya, menurut Southern Living dalam unggahannya pada Minggu (14/4/2024), bukan hal yang mustahil untuk mencegah lalat masuk rumah. Nah, berikut adalah cara-cara tersebut.

1.       Rajin membuang sampah rumah tangga

Meski lantai rumahmu rajin disapu dan dipel, serta halaman depan juga selalu bersih, kalau kamu nggak rajin membuang sampah rumah tangga, sama saja mengundang lalat masuk ke rumah. Apalagi jika tempat sampahmu bukan yang versi bisa ditutup.

Jika sampah sudah penuh dalam sehari, nggak perlu ragu membuangnya ke tempat sampah di luar rumah atau ke tempat pembuangan akhir yang jauh dari rumah sekalian. Nggak perlu menunggu sampah sampai harus beraroma busuk ya untuk membuangnya?

“Pastikan juga tempat sampah di luar rumah nggak dekat dengan pintu atau jendela. Meski tertutup, tetap saja lalat akan tertarik untuk mendatanginya,” terang pakar entomologi Fatih Oi dari Florida University.

2.       Perhatikan saluran air kotor di rumahmu

Lalat tertarik dengan sampah, saluran air kotor, dan sisa makanan. (lottemart)

Nggak hanya sampah, lalat juga tertarik pada saluran air yang kotor, Millens. Apalagi jika saluran air pembuangan dari kamar mandi atau dapur nggak mengalir dengan baik. Bakal banyak sisa makanan atau kotoran yang akhirnya menarik perhatian lalat deh.

Oleh karena itulah, rajin-rajin membersihkan saluran air di rumahmu agar bersih dan nggak sampai ada sampah yang tersumbat demi mencegah lalat masuk rumah.

3.       Segera buang sisa makanan yang nggak bisa dikonsumsi

Kalau ada sisa makanan di rumah yang sudah nggak bisa lagi dikonsumsi atau dimasak, buang saja di dalam wadah tertutup. Bahan makanan yang sudah nggak layak juga sebaiknya diperlakukan dengan cara yang sama. Maklum, kalau sampai semakin membusuk, aromanya bakal menarik perhatian lalat.

Gimana, sebenarnya nggak sulit kan mencegah lalat masuk rumah? Memang, bakal membutuhkan usaha ekstra untuk melakukan berbagai hal di atas. Tapi, hal itu akan terbayar dengan rumah yang bersih, nyaman, serta terbebas dari lalat yang sangat mengganggu, bikin jijik, dan hobi menyebarkan penyakit. Setuju, kan, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT