Inibaru.id - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), geliat perjalanan kereta api mulai terasa di wilayah Daop 4 Semarang. Antusiasme masyarakat yang ingin bepergian pada momen libur panjang akhir tahun tampak dari tingginya penjualan tiket.
Hingga Selasa (25/11) malam, penjualan tiket keberangkatan periode 18 Desember 2025 – 4 Januari 2026 telah mencapai 37.546 tiket.
Jumlah itu tercatat sejak pemesanan tiket dibuka pada 21 November 2025 melalui seluruh kanal resmi KAI. Stasiun Semarang Tawang menjadi penyumbang penjualan tertinggi dengan 13.040 tiket terjual. Disusul Semarang Poncol dengan 7.929 tiket, Tegal 6.449 tiket, Pekalongan 3.286 tiket, Pemalang 2.085 tiket, Cepu 1.645 tiket, Weleri 1.130 tiket, dan Ngrombo 1.040 tiket.
Baca Juga:
Siap Angkut Penumpang dan Barang Nataru, KAI Daop 4 Semarang Siapkan Ratusan Sarana TerbaikManager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, memastikan bahwa tiket perjalanan masih tersedia. Ia juga mengingatkan masyarakat agar segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket lebih awal.
"Kami mengimbau masyarakat untuk dapat segera merencanakan perjalanan KA dengan baik dan melakukan pemesanan lebih awal. Jika dilakukan sejak awal, pelanggan masih memiliki kesempatan mendapatkan tarif diskon sesuai kuota yang tersedia serta memilih jadwal perjalanan yang diinginkan," ujar Franoto.
KAI sebelumnya memberikan promo diskon tiket 30% untuk kereta kelas ekonomi komersial. Program ini berlaku untuk keberangkatan 22 Desember 2025 – 10 Januari 2026, dan tiket dengan tarif diskon dapat dipesan melalui kanal resmi hingga 10 Januari 2026 jika kuota masih tersedia.
"Daftar KA yang mendapatkan diskon 30 persen dapat dilihat melalui aplikasi Access by KAI. Kami berharap masyarakat dapat segera memanfaatkan peluang ini dengan baik karena tren permintaan tiket KA cukup tinggi pada libur Nataru," lanjutnya.
Untuk mendukung kemudahan perjalanan, KAI Daop 4 juga mendorong pelanggan memanfaatkan fitur di aplikasi Access by KAI. Mulai dari e-boarding pass, connecting train, pendaftaran face recognition boarding gate, hingga layanan pembatalan dan reschedule tiket yang dinilai memudahkan mobilitas penumpang.
Selain kenyamanan, keamanan perjalanan juga jadi perhatian. KAI mengimbau masyarakat agar membeli tiket hanya melalui kanal resmi guna menghindari penipuan.
"Untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam pembelian tiket, KAI Daop 4 berharap masyarakat selalu menggunakan platform resmi seperti situs web KAI (kai.id), aplikasi Access by KAI, serta platform resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI," kata Franoto.
Memasuki musim hujan, KAI juga meminta pelanggan datang lebih awal ke stasiun dan berhati-hati terhadap lantai licin.
Daop 4 Semarang memastikan kesiapan sarana, prasarana, pelayanan, dan pengamanan untuk mendukung kelancaran mobilitas pada libur panjang akhir tahun. Layanan kereta api berperan penting dalam menjaga pergerakan masyarakat, menggerakkan ekonomi daerah, serta memastikan konektivitas antarkota tetap lancar. Jadi, kamu termasuk yang antusias di liburan kali ini, Gez? (Siti Zumrokhatun/E05)
