BerandaHits
Minggu, 13 Apr 2024 17:00

Mungkinkah Belut Listrik Kesetrum Sendiri?

Belut listrik bisa kesetrum? (Tnaqua)

Jika sampai belut listrik kesetrum atau bahkan terkena aliran listrik yang ada dari tubuhnya sendiri, apa yang akan terjadi, ya?

Inibaru.id – Salah satu hewan yang paling unik di dunia adalah belut listrik. Dari namanya saja, sudah kelihatan kan keunikannya? Kok bisa-bisanya ya ada sebuah hewan yang mampu memproduksi listrik secara mandiri tanpa perlu nge-charge dulu.

Asal kamu tahu saja, belut listrik bisa memproduksi listrik dengan tegangan sampai 860 Volt, lo! Aliran listrik ini diproduksi oleh elektrosi, semacam sel khusus yang jumlahnya mencapai 6 ribuan yang berfungsi seperti baterai kecil, Millens.

Lantas, buat apa belut listrik sampai bisa memproduksi listrik sendiri? Selain untuk menyerang mangsa seperti ikan, listrik ini bisa menjadi senjata untuk melawan predator. Jadi, saat terancam atau sudah diserang predatornya, sel-sel elektrosit ini akan mengeluarkan listrik yang selama ini tersimpan secara bersamaan.

Nah, karena kemampuan unik ini, banyak orang yang penasaran apa belut listrik bisa kesetrum listriknya sendiri? Selain itu, bagaimana ya dampaknya jika hewan ini kesetrum aliran listrik dari luar? Pasalnya, kamu tahu sendiri kan kalau ada metode penangkapan ikan atau makhluk air lainnya dengan menggunakan sengatan listrik?

Usut punya usut, seorang pakar hewan Jason Gallant menyebut belut listrik ternyata juga bisa kesetrum listriknya sendiri, lo. Soalnya, dia sendiri pernah melihat belut ini kejang-kejang saat dikeluarkan dari air gara-gara hal tersebut.

Belut listrik ternyata bisa kesetrum listriknya sendiri, lo. (Agrozine)

Kalau memang mereka mampu kesetrum sendiri, mengapa saat menyetrum hewan lain di air, mereka justru aman-aman saja? Padahal, mereka beraktivitas di dalam air yang bisa menghantarkan listrik dengan baik.

Jadi, ternyata organ penyetrum belut listrik ada pada bagian belakang badannya, tepatnya dekat ekor. Sementara itu, organ penting tubuhnya seperti otak dan jantung ada pada bagian depan. Nah, untuk menyetrum mangsa atau predator, mereka akan menempelkan bagian belakang tubuhnya ke target.

Nah, listrik punya sifat bakal mengalir ke tempat yang hambatan listriknya lebih kecil. Jadi, meskipun hidup di air, listrik yang mereka produksi bakal “memilih” untuk menyerang targetnya saja, bukannya ke organ-organ penting yang ada di bagian depan tubuh belut.

Kalau diangkat ke udara, sifat ini tetap berlaku. Udara bukan penghantar yang baik. Otomatis, saat berada di sana, tubuh belut listrik jadi penghantar yang lebih baik dibandingkan dengan udara dan akhirnya membuat hewan ini kesetrum sendiri, deh.

Jadi, sudah clear ya pertanyaan tentang apakah belut listrik bisa kesetrum sendiri atau nggak. Belut listrik juga bisa kesetrum dan bisa mengalami masalah jika terkena listrik yang berasal dari luar tubuhnya, Millens. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT