BerandaHits
Minggu, 22 Jun 2024 14:00

Mencari Tahu Arti Google, Mesin Pencari Paling Populer di Dunia

Arti nama Google. (Wikpedia/The Pancake of Heaven!)

Sering pakai Google, kan? Pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti nama Google sebenarnya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak kenal Google di zaman serba internet seperti sekarang ini? Bahkan, banyak generasi tua atau kalangan boomer yang sampai menyebutnya dengan Mbah Google saking bisanya memberikan informasi terkait dengan hal yang dicari. Tapi, di balik berbagai kehebatannya, pernah terpikir nggak apa arti nama Google sebenarnya?

Jika diartikan dari Bahasa Inggris, Google berarti kacamata. Tapi bukan kacamata yang dipakai untuk membaca, melainkan yang berperan sebagai pengaman mata seperti untuk berenang, mengelas, dipakai orang-orang yang mengenakan helm, dan lain-lain. Tapi, secara harafiah, Google sebagai mesin pencari tentu punya makna lain yang lebih penting.

Dulu, ada yang menyebut Google sebagai akronim dari Global Organization of Oriented Group Language of Earth. Meski terlihat meyakinkan dan benar-benar sesuai dengan setiap hurufnya, ternyata hal ini nggak benar, lo. Yang benar, itu adalah plesetan dari Googol, semacam leksikon aritmatika untuk 10 yang dipangkatkan 100 atau 1 dengan 100 angka nol yang ada di belakang.

Kalau kamu nggak terbiasa dengan aritmatika, tentu bakal bingung dengan maksud dari Googol ini dan apa kaitannya dengan Google yang kita kenal sekarang. Tapi, yang pasti, istilah Googol sudah eksis sejak 1920 saat dibuat oleh Milton Sirotta. Yang luar biasa, dia menemukan istilah itu di usia 9 tahun, lo.

Dua pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page. (infokomputer)

Jadi begini, matematikawan Edward Kasner menyebut Milton sering banget merujuk angka Googol di buku Mathematics and the Imagination. Alasannya sederhana, bagi dia nama Googol ini konyol, sekonyol jumlah angka yang diwakilinya.

Nah, cerita tentang penemuan istilah ini ternyata diingat oleh Sergey Brin dan Larry Page, dua pendiri Google saat mendirikan perusahaan tersebut tatkala keduanya masih jadi mahasiswa PhD di University Stanford pada 1997.

Tatkala mereka pengin membeli domain internet Googol untuk mendirikan perusahaan, rekan mereka berdua ternyata salah mendengar dan justru memesan Google. Mereka pun akhirnya membuat Google Inc gara-gara kesalahan kecil namun berdampak besar tersebut.

Semua gara-gara kesalahan besar teman keduanya, Sean Anderson saat mengeja Googol. Tapi, Larry malah menyukainya dan akhirnya memastikan pendaftaran nama domain Google pada 15 September 1997.

Jadi, sebenarnya Google ini nggak ada artinya, selain karena kesalahan pesan domain saja. Nggak nyangka ya sejarahnya ternyata semenarik itu? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT