inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Kembali Ke Masa Lalu dengan Google Maps
Minggu, 24 Mar 2024 15:55
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kembali ke masa lalu dengan Google Maps. (Twitter/Qodridio)

Kembali ke masa lalu dengan Google Maps. (Twitter/Qodridio)

Di Google Maps atau Google Street View, ada banyak foto-foto yang berasal dari masa lalu. Terkadang, kamu bisa melihat orang-orang yang sudah meninggal pada foto-foto tersebut, lo.

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial sering muncul unggahan yang menunjukkan Google Street View menampilkan foto-foto dari masa lalu yang menunjukkan orang-orang yang sudah meninggal atau foto dari seseorang saat masih kecil. Seakan-akan, kita bisa kembali ke masa lalu dengan Google Maps.

Hal inilah yang diungkap seorang warganet yang mengunggah cuitan di akun @tanyarlfes. Dalam unggahan pada Minggu (24/3/2024) tersebut, terungkap foto di Google Street View pada 2016. Saat itu, sang pengirim cuitan masih anak-anak dan melihat mobil Google berkamera di pinggir jalan.

Guys akun kan iseng liat gmaps jalan dekat rumah. Terus tiba-tiba aku menemukan fotoku sendiri pas masih kecil. Mana kelihatan sadar kamera lagi,” tulis cuitan tersebut.

Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah orang juga mengunggah gambar tangkapan layar Google Street View yang menunjukkan foto-foto dari kakeknya, neneknya, atau orang tuanya yang bisa dilihat di Google Maps meski mereka sudah meninggal. Hal ini membuat mereka senang karena seakan-akan bisa kembali melihat orang tersebut hidup saat melakukan aktivitasnya.

Kalau kamu penasaran pengin kembali ke masa lalu dengan Google Maps layaknya orang-orang yang bisa bernostalgia di media sosial tersebut, nggak perlu risau. Caranya cukup mudah kok. Kamu tinggal mengikuti berbagai langkah seperti sebagai berikut.

1.       Buka Google Maps

Kamu bisa membukanya di browser yang ada di komputer. Setelah itu, cari ikon manusia berwarna jingga yang biasanya ada di kanan bawah layar. Klik ikon tersebut.

2.       Buka Google Street View

Banyak foto-foto Google Street View yang diambil beberapa tahun yang lalu. (Twitter/el_nonymous)
Banyak foto-foto Google Street View yang diambil beberapa tahun yang lalu. (Twitter/el_nonymous)

Setelah klik ikon manusia berwarna jingga. Biasanya garis-garis biru akan keluar pada jalan yang ada di layar Google Maps. Nah, garis-garis biru adalah kumpulan foto-foto yang diambil mobil Google yang menampilkan gambar dari jalan tersebut dan suasana di sekitarnya. Cari jalan yang pengin kamu lihat.

3.       Cari “Lihat Tanggal Lainnya/See More Dates”

Seringkali sih, tampilan jalan adalah yang paling terkini. Sebagai contoh, ada jalan yang diambil gambarnya pada awal 2024 atau akhir 2023 lalu. Jika memang tersedia tampilan pada tahun-tahun sebelumnya, bisa kamu cek di opsi “Lihat Tanggal Lainnya” atau “See More Dates”

Pilih tahun yang kamu inginkan. Sebagai contoh, lihat gambar pada 2017 atau 2019. Biasanya, kondisi jalan dan lingkungan sekitarnya sangat berbeda dengan kondisi jalan sekarang. Nah, dari gambar pada tahun-tahun sebelumnya itulah, terkadang kamu bisa menemukan foto orang-orang yang kini sudah meninggal atau fotomu sendiri yang saat itu masih muda.

Yap, nggak disangka ya ternyata Google Maps atau Google Street View bisa dipakai untuk kembali ke masa lalu. Gimana, tertarik untuk melihat-lihat masa lalu dengan aplikasi ini, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved