inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Pernah Kesasar karena Rekomendasi Google Maps? Lakukan Hal Ini!
Jumat, 6 Okt 2023 18:05
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Google Maps bikin kesasar. (Liputan6/Soha.vn)

Ilustrasi: Google Maps bikin kesasar. (Liputan6/Soha.vn)

Kalau kamu pernah kesasar karena rekomendasi Google Maps, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal berikut ini!

Inibaru.id – Bertanya ke orang untuk menemukan sebuah lokasi asing kini sudah nggak zaman lagi. Orang-orang telah beralih ke Google Maps. Namun, terkadang ini juga bukan solusi, karena sudah banyak cerita tentang orang yang tersesat di entah-berentah lantaran mengikuti rute rekomendasinya.

Ada yang masuk hutan, terjebak di jalan sempit, atau nyasar ke pematang sawah. Mengingat teknologi yang dipakai sudah kelas tinggi, kira-kira apa ya yang membuat kasus kesasar akibat mengikuti rute rekomendasi Google Maps ini sering terjadi?

Jadi, Google Maps memakai sekumpulan data geospasial dari atas permukaan bumi. Artinya, alat ini mengumpulkan data-data berupa jalan, rumah, bangunan, kepadatan lalu-lintas, dan data lainnya dalam sebuah wilayah.

Data-data geospasial tersebut bisa memperjelas informasi yang dikirimkan satelit ke aplikasi atau situs Google Maps yang dipakai penggunanya. Oleh karena itulah, Google Maps bisa merancang rute terbaik, merekomendasikan jalur alternatif yang lebih lengang, atau memperkirakan waktu tempuh.

Peta yang bisa diakses melalui Google Maps sejatinya cukup lengkap karena telah mencakup hingga ke gang-gang kecil. Sebagian jalan itu bahkan sudah disertai gambar interaktif karena telah direkam oleh kamera 360 derajat. Sayangnya, nggak semua data lengkap, akurat, atau mutakhir.

Ketika ada jalan yang beralih fungsi, belum tentu Google Maps sudah mengupdatenya. Maka, ketika jalan tersebut direkomendasikan kepada pengguna jalan, rute itu bisa saja membuat dia justru tersesat atau menemui jalan buntu.

Cara Agar Nggak Tersesat

Ilustrasi: Google Maps bikin kesasar. (The Irish Sun)
Ilustrasi: Google Maps bikin kesasar. (The Irish Sun)

Nah, agar kondisi tersebut nggak terjadi padamu, ada baiknya kamu melakukan beberapa trik berikut ini:

1. Atur GPS dalam kondisi High Accuracy

Untuk mengatur GPS agar berada dalam kondisi High Accuracy, lakukan langkah-langkah ini:

  • Masuk ke bagian Settings lalu pilih Locations;
  • Pilih Google Location Accuracy;
  • Geser Toggle ke Improve Location Accuracy sampai warnanya berubah jadi hijau.

2. Matikan Opsi Battery Savings

Dengan mematikan opsi ini, ponsel akan mampu melakukan kinerjanya dengan lebih optimal, termasuk dalam menentukan akurasi peta. Cara mengaturnya, masuklah ke bagian Settings atau Pengaturan dan Battery/ Baterai. Setelah itu, kamu tinggal matikan fitur Battery Savings.

3. Kalibrasi Sensor Kompas

  • Buka Google Maps lalu tekan ikon lingkaran biru atau lokasi kamu sekarang;
  • Pilih Calibrate atau Kalibrasikan;
  • Gerak-gerakan ponsel dengan pola mirip angka 8;
  • Ponsel sudah terkalibrasi, akurasi Google Maps pun jadi lebih baik.

4. Sesuaikan Opsi Kendaraan

Pada Google Maps, saat kamu meminta rekomendasi rute, pilihlah opsi kendaraan yang bisa lewat pada jalur tersebut. Kalau kamu memakai mobil, hilangkan opsi "sepeda motor" atau "jalan kaki" agar rute yang direkomendasikan hanyalah yang bisa dilalui mobil.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, semoga saja kamu nggak jadi korban kesasar gara-gara mengikuti rute yang direkomendasikan Google Maps ya, Millens! (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved