inibaru indonesia logo
Beranda
Inspirasi Indonesia
Street Workout: Membentuk Tubuh Ideal Tanpa Harus Nge-gym
Selasa, 3 Okt 2023 15:45
Penulis:
Fitroh Nurikhsan
Fitroh Nurikhsan
Bagikan:
Salah satu gerakan Street Workout yang bertumpu pada kekuatan otot tangan. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)

Salah satu gerakan Street Workout yang bertumpu pada kekuatan otot tangan. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)

Untuk membentuk tubuh ideal, ada pilihan selain datang ke gymnasium. Kamu bisa berolahraga tanpa mengeluarkan dana khusus tapi hasil tidak mengecewakan dengan Steet Workout.

Inibaru.id - Memiliki tubuh ideal menjadi keinginan banyak orang. Tapi, tidak setiap orang bisa mewujudkannya dengan datang ke pusat kebugaran, menyewa pelatih, dan mengikuti program pembentukan badan. Selain tidak punya cukup waktu, biaya untuk mendatangi tempat fitnes juga salah satu alasan seseorang belum bisa mewujudkan tubuh impian.

Nah, jika kamu juga berpikir demikian, sebaiknya tidak perlu berkecil hati, Millens. Kamu bisa bergabung dengan mereka yang sering melakukan Street Workout. Ini adalah salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan sebagai solusi membentuk tubuh ideal tanpa harus pergi ke tempat gym.

Mungkin nama Street Workout masih terdengar asing di telingamu. Tapi, bisa saja kamu telah melakukan olahraga tersebut tanpa sadar. Ya, gerakan-gerakan dalam olahraga ini antara lain pull up, sit up, chin up, muscle up, dip, back up, dan lain-lainnya. Intinya, gerakan pada olahraga ini bertumpu pada kekuatan otot sebagai bebannya.

Di Kota Lunpia, ada komunitas namanya Barstunt Semarang. Saban hari mereka rutin berolahraga Street Workout di GOR Lomba Tri Juang untuk membentuk tubuh tanpa alat-alat bantu mumpuni.

Komunitas Barstunt Semarang sedang melakukan pemanasan sebelum Street Workout. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)
Komunitas Barstunt Semarang sedang melakukan pemanasan sebelum Street Workout. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)

"Setiap orang mengidamkan bentuk tubuh ideal," kata Ketua Barstunt Semarang, Michael Antonius. "Street Workout bisa jadi pilihan olahraga gratis, bikin otot terbentuk tanpa harus ke tempat gym".

Lelaki berambut sebahu itu kemudian menujukkan salah satu gerakan Street Workout. Kedua tangannya memegang tiang melintang, perlahan badannya naik ke atas dan dia berusaha menahan posisi tersebut selama beberapa detik.

"Itu namanya pull up. Untuk pemula biasakan dulu melatih kekuatan otot-otot dengan gerakan dasar terlebih dahulu," ucap lelaki yang akrab disapa Michael.

Badan Berotot

Ketua Berstunt Semarang, Michael sedang melakukan salah satu gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)
Ketua Berstunt Semarang, Michael sedang melakukan salah satu gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Diakui Michael, meski dirinya nggak pernah olahraga di tempat gym, otot-otot terutama di kedua tangan dan perut terbentuk hanya bermodal olahraga Street Workout.

"Saya masih ingat kali pertama diajak teman. Seluruh badan sakit semua. Tapi sekarang sudah merasakan manfaatnya," imbuh Michael.

Selain Michael, otot-otot tubuh Renaldo Dwiki tak kalah atletis. Bahkan otot-otot tangannya begitu kuat saat dia menumpu tubuh dengan satu tangan, mengangkat kaki di atas kepala sampai memutar tubuh di udara. Gerakan sulit itu dilakukannya dengan mudah.

"Barusan itu namanya freestyle dinamic. Gerakan ini bertumpu pada kelincahan, kekuatan tubuh, momentum dan keterampilan," ucapnya.

Renaldo, begitu dia disapa, mengaku sudah bergabung dengan Komunitas Barstunt Semarang sejak tahun 2019. Dia mengatakan olahraga Street Workout solusi paling pas bagi kalian yang ingin membentuk tubuh dengan biaya murah.

"Olahraga ini tidak susah. Bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Yang penting ada kemauan untuk belajar," tandasnya.

Nah kan, ternyata untuk membentuk otot-otot tubuh tak melulu harus ke tempat gym, Millens. Kamu bisa melakukan olahraga Street Workout di halaman rumah maupun bergabung dengan Komunitas Barstunt Semarang. (Fitroh Nurikhsan/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved