BerandaHits
Senin, 26 Mar 2023 17:00

Manfaat Kesehatan Apel Sesuai Warnanya

Manfaat kesehatan buah apel. (Flickr/Apple and Pear Australia Ltd)

Setiap warna apel ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan yang berbeda-beda, lo. Nah, berikut adalah penjelasannya.

Inibaru.id – Kamu pasti pernah mendengar istilah ‘makan apel sekali sehari bisa membuatmu jarang ketemu dokter’. Meski nggak benar-benar valid, sebenarnya istilah tersebut ada benarnya.

Intinya sih, kalau rajin makan buah dan menjaga gaya hidup sehat, kamu nggak bakal mudah sakit. Akhirnya, kamu juga jarang ketemu dokter, kan?

Nah, apel adalah salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Nggak hanya rasanya yang enak, buah ini juga kaya akan nutrisi dan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Omong-omong, kamu tahu kan kalau apel nggak hanya terdiri atas satu warna saja. Nah, ternyata, menurut Sampaijauh, (21/3/2023), warna apel yang berbeda-beda ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang berbeda juga, lo. Seperti apa sih? Yuk simak penjelasannya.

Apel dengan warna hijau kekuningan

Apel dengan warna hijau. (Flickr/Goooder)

Orang Indonesia sering menyebut apel hijau dengan apel malang meski belum tentu apel tersebut ditanam di Malang. Padahal, ada banyak jenis apel hijau lain yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya adalah apel berjenis rome beauty yang memiliki warna khas hijau kekuningan.

Kelebihan utama dari apel dengan daging agak keras dengan rasa yang sedikit asam namun menyegarkan ini adalah kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Otomatis, rutin mengonsumsi apel rome beauty bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan mendukung kesehatan pencernaan.

Apel dengan warna merah marun

Apel dengan warna merah marun. (Flickr/Samantha Forsberg)

Jika apel hijau sering dianggap sebagai apel malang, maka apel dengan warna merah marun sering dianggap sebagai apel washington. Terkait penamaan ini, lebih ke jenama produsen apel yang memakai nama salah satu negara bagian di Amerika Serikat tersebut, Millens.

Buah dengan rasa manis menyegarkan ini disebut-sebut cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah anemia. Selain itu, apel washington juga dianggap cocok untuk dijadikan masker yang membuat kulit halus dan kencang.

Apel dengan kombinasi warna merah dan hijau

Apel dengan kombinasi warna merah dan hijau. (Flickr/Jess McPhee)

Kalau yang ini, pasti sering kamu lihat di toko buah atau pasar swalayan. Salah satu jenisnya adalah apel anna atau apel jonathan dari Malang, Jawa Timur. Biasanya, ukuran dari apel jenis ini nggak terlalu besar.

Kabarnya, rutin mengonsumsi apel dengan kombinasi warna merah dan hijau bisa membuat sistem pencernaanmu jadi semakin sehat dan menurunkan risiko terkena kanker usus. Bahkan, kandungan antioksidannya yang tinggi disebut-sebut akan mendukung sistem imun tubuhmu jadi lebih kuat.

Kalau kamu, paling suka apel warna apa nih, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT