BerandaHits
Rabu, 27 Agu 2024 17:26

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Mengatasnamakan Pejabat

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Kemenkes yang meminta sejumlah uang. (dok. Kemenkes)

Peringatan ini menyusul laporan terkait penggunaan nomor WhatsApp palsu yang mengatasnamakan Inspektur Jenderal Kemenkes Murti Utami, untuk meminta pinjaman sebesar Rp25 juta.

Inibaru.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Syahril mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan pejabat Kemenkes, terutama yang disertai dengan permintaan pinjaman uang.

Hal ini menyusul sejumlah laporan mengenai adanya nomor WhatsApp palsu yang mencatut nama dan foto Inspektur Jenderal Murti Utami, dengan tujuan meminta pinjaman sebesar Rp25 juta.

Syahril menegaskan bahwa nomor WhatsApp 085692780714 yang digunakan untuk penipuan tersebut adalah palsu dan merupakan tindakan kriminal. Masyarakat diingatkan untuk tidak mudah mempercayai pesan atau panggilan dari nomor tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek kebenaran setiap informasi yang diterima. Jika ada pesan atau panggilan dari pejabat kami yang meminta sejumlah uang, sebaiknya diabaikan karena dipastikan itu palsu,” ujar Syahril di Jakarta, Senin (26/8).

Modus meminta sejumlah tersebut bisa dipastikan penipuan. (Getty Images)

Lebih lanjut, Syahril menyarankan masyarakat untuk segera memblokir dan mengabaikan nomor tersebut guna menghindari risiko penipuan lebih lanjut. Modus penipuan seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi, dan masyarakat diminta untuk selalu memastikan informasi kesehatan yang diterima berasal dari sumber terpercaya. Jika menemukan aktivitas atau informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kemenkes, masyarakat diimbau untuk melaporkannya ke Halo Kemkes di 1-500567.

“Kami tegaskan, jangan melakukan transfer apapun tanpa konfirmasi dari Halo Kemkes,” tutup dr. Syahril.

Duh, penipuan macam ini kok nggak ada habisnya ya? Semoga masyarakat kita makin cerdas untuk menghindari modus penipuan ini, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT