BerandaHits
Minggu, 13 Apr 2024 13:00

Jangan Makan Makanan yang Tertempel Lipstik

Makanan yang sudah tertempel lipstik sebaiknya nggak dimakan. (The Independent)

Terkadang, tanpa sengaja makanan yang hendak kita makan tersentuh lipstik yang kita pakai. Jika itu terjadi, sebaiknya jangan dimakan karena kesehatan kita taruhannya.

Inibaru.id - Ketika hari besar seperti Lebaran, menjadi hal yang wajar jika para perempuan mengenakan make up. Salah satu item yang kerap digunakan adalah lipstik. Biasanya produk ini kita oles kembali begitu hilang dari bibir baik itu karena makan atau minum.

Mungkin terdengar sepele, tapi kebiasaan makan makanan yang tertempel lipstik bisa berdampak serius pada kesehatan. Lipstik, yang sering digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan sehari-hari, mengandung berbagai bahan kimia yang nggak cocok untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus berhati-hati:

1. Bahan Kimia Berbahaya

Lipstik mengandung berbagai bahan kimia seperti pewarna sintetis, paraben, dan bahan tambahan lainnya yang nggak selalu aman untuk dikonsumsi. Mengonsumsi bahan-bahan ini secara nggak sengaja dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

2. Risiko Toksin

Beberapa lipstik mengandung logam berat seperti timbal, kadmium, dan merkuri. Paparan terhadap logam berat ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk keracunan, gangguan sistem saraf, dan bahkan kanker.

3. Infeksi dan Penyakit

Sebaiknya hapus lipstik sebelum makan. (Tribunnews)

Lipstik juga bisa menjadi media bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Ketika makan makanan yang tertempel lipstik, kamu juga memakan bakteri dan kuman yang mungkin telah menempel pada lipstik tersebut. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit, terutama jika lipstik tersebut digunakan oleh orang lain.

4. Alergi dan Reaksi Kulit

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau iritasi kulit terhadap bahan-bahan yang terdapat dalam lipstik. Mengonsumsi makanan yang tertempel lipstik dapat meningkatkan risiko reaksi alergi atau iritasi kulit yang nggak nyaman.

5. Kualitas Makanan Terpengaruh

Selain berdampak pada kesehatan, makan makanan yang tertempel lipstik juga dapat mengganggu kualitas makanan tersebut. Rasa makanan dapat terganggu oleh bau atau rasa lipstik, dan mungkin mengurangi selera makanmu.

Dari segi kesehatan, sangat penting untuk menghindari makan makanan yang tertempel lipstik. Jika kamu melihat makanan yang terkontaminasi lipstik, lebih baik untuk menghindarinya atau meminta makanan yang baru.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan bibirmu sebelum makan untuk menghindari transfer lipstik ke makanan. Dengan memperhatikan hal ini, kamu dapat menjaga kesehatan dan mengurangi risiko paparan bahan berbahaya yang terdapat dalam lipstik. (Siti Zumrokhatun/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT