BerandaHits
Kamis, 30 Sep 2020 10:41

Inspiratif! Mantan TKI Ini Sukses Bikin Tiga Restoran Korea!

Mas Be, mantan TKI yang sukses bikin restoran korea di Jawa Timur. (Youtube/Kang Ardi Prabowo)

Namanya adalah Mas Be, sorang mantan TKI yang sukses bikin restoran Korea di Jawa Timur. Bahkan, saat ini restorannya sudah memiliki 3 cabang. Seperti apa ya kisahnya?<br>

Inibaru.id - Banyak orang yang masih menganggap remeh orang-orang yang merantau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Padahal, mereka nggak hanya mencari pendapatan besar, lo, Millens. Banyak mantan TKI yang pulang dan merintis usaha yang nggak main-main. Salah seorang diantaranya adalah Mas Be, mantan TKI dari Jawa Timur.

Mas Be ternyata pernah merantau di negeri yang kini digandrungi karena K-Pop, Korea Selatan selama lima tahun. Dia pulang pada 2015 karena kontrak kerjanya habis. Sebenarnya, kinerjanya sangat bagus sehingga bos di tempat kerjanya di Korea memintanya untuk kembali. Namun, Mas Be justru memilih untuk membuka bisnis kuliner.

Pengalamannya di Korea Selatan benar-benar dimaksimalkan Mas Be. Dia membuka restoran makanan Korea. Apalagi dia tahu kini banyak anak muda di Tanah Air yang sedang demam K-Pop sehingga pasti akan ada banyak yang tertarik untuk mencicipi makanan Korea.

Mas Be pun kini telah membuka tiga restoran makanan Korea di Madiun, Ponorogo, dan Bojonegoro. Dia bahkan mengklaim usahanya sebagai pelopor restoran mie Korea pertama di Jawa Timur.

Makanan khas Korea di Mashita. (Instagram/Mashita)<br>

Di kanal Youtube Kang Pardi Prabowo, Mas Be menceritakan awal mula dia merintis usaha restoran Korea. Ternyata, nggak mudah, lo, Millens. Modalnya bahkan cukup besar, yakni sekitar Rp 70 juta hanya untuk menyewa lapak dan membeli peralatan masak.

Sebelumnya, Mas Be sempat membuka bisnis mie ayam gerobakan. Sayangnya, setelah berjalan enam bulan, nggak ada hasil positif. Berbekal pengalamannya tahu tentang rasa otentik makanan Korea, Mas Be pun belajar tentang bisnis kuliner hingga memutuskan untuk mengubah restorannya menjadi restoran Mie Korea.

Nama restoran yang dia pilih adalah 'Mashita'. Ternyata, banyak orang yang antusias untuk mencicipi makanan yang dijajakannya. Meski khas Korea, ternyata makanan-makanan ini juga disesuaikan dengan selera Tanah Air, kok.

"Kalau ini makanan Korea tapi rasanya sudah kita sesuaikan dengan selera orang Indonesia. Kalau dibuat asli, ya nggak doyan," beber Mas Be.

Pelanggan Mashita kebanyakan perempuan muda yang demam Korea. (Instagram/Mashita)<br>

Kebanyakan pelanggan mie Korea di resto Mas Be ini datang dari kalangan anak muda perempuan yang memang sudah tahu dan suka makanan Korea. Kini, tiga restorannya sudah berjalan dan menghasilkan keuntungan. Salah satu restonya yang berlokasi di mal bahkan tak pernah sepi pengunjung.

Sebelum pandemi, Mas Be sebenarnya sudah memiliki 5 cabang restoran Korea. Namun, karena pembatasan aktivitas sosial, 2 cabang restoran terpaksa harus tutup.

Menu andalan di restoran Mas Bea antara lain adalah mie goreng Korea, Champpong atau mie rebus Korea, Tteokbokki, Odeng dan lain-lain. Soal harga, nggak perlu khawatir. Masih bisa dijangkau semua kalangan kok.

Sungguh kisah yang inspiratif, ya Millens. (Det/IB28/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: