BerandaHits
Jumat, 11 Apr 2024 14:00

Cara Mengurangi Memori WhatsApp yang Penuh di HP Android

Ilustrasi: Memori WhatsApp penuh. (Reader's Digest)

Memori WhatsApp penuh? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menguranginya.

Inibaru.id – Banyak pengguna yang nggak menyadari bahwa pada Desember 2023 lalu, Google telah melakukan perubahan mekanisme pencadangan data chat WhatsApp. Padahal, perubahan ini sangat krusial karena ke depan pencadangan ini akan memungkinkan memori Google Drive kita penuh.

Sedikit informasi, sebelum aturan ini berlaku, proses pencadangan pesan WhatsApp di ponsel Android nggak memengaruhi kuota penyimpanan Google Drive, baik yang versi gratisan maupun langganan. Namun, nggak demikian dengan mekanisme pencadangan yang sekarang.

Untuk saat ini, jika Google Drive penuh dan WhatsApp nggak mampu lagi mem-back-up data di sana, mau nggak mau kamu harus berlangganan Google One akar mendapatkan kuota penyimpanan tembahan. Hal ini tentu merepotkan karena biayanya lumayan besar.

Pertanyaannya, adakah cara untuk mengurangi memori WhatsApp di HP Android agar nggak harus langganan Google Drive? Beberapa cara berikut ini mungkin bisa kamu coba!

Cara Mengurangi Memori WhatsApp

1. Hapus fail besar yang nggak dibutuhkan

Cara yang pertama adalah dengan menyisir fail-fail atau dokumen yang berukuran besar di WhatsApp. Untuk yang satu ini, kamu harus mengecek satu per satu pesan di aplikasimu, khususnya pada bagian Media.

Fail besar seperti video, dokumen, dan lain-lain yang membutuhkan ruangan cukup besar padahal nggak penting-penting banget sebaiknya segera dihapus. Selain dengan menilik secara manual isi pesan satu per satu, kamu juga bisa mengeceknya dengan melakukan empat langkah ini:

  • Buka WhatsApp;
  • Tekan ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih “Setelan”;
  • Pilih bagian “Penyimpanan dan Data”; dan
  • Pilih “Kelola Penyimpanan”

Nah, dari situ, bakal ketahuan seberapa besar memori yang digunakan WhatsApp-mu. Setelah itu, kamu bisa mengecek sejumlah file berukuran besar dan menghapus yang nggak diperlukan atau memindahkannya ke tempat lain sebelum dihapus.

2. Matikan fitur Auto-download

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah memori WhatsApp penuh. (Teknologi ID)

Biar memori WhatsApp nggak kepenuhan, kamu bisa mematikan fitur auto-download. Tujuannya, agar chat berisikan foto atau video dari orang lain nggak secara otomatis tersimpan di memori WhatsApp-mu. Berikut adalah cara menyetelnya:

  • Masuk Whatsapp dan tekan ikon titik tiga yang ada pada pojok kanan atas;
  • Pilih “Setelan”;
  • Pilih “Penyimpanan dan Data”;
  • Cek bagian "Unduh Otomatis Media;
  • Hapus centang “Foto, Audio, Video dan Dokumen” yang ada pada bagian “Saat Menggunakan Data Seluler”,”Terhubung ke WiFi”, serta “Roaming”.

3. Batasi melihat Status WhatsApp orang lain

Kamu mungkin nggak tahu bahwa kebiasaan membuka Status orang lain bisa bikin memori WhatsApp terkuras habis, apalagi kalau yang dilihat adalah video. Jadi, mending kamu batasi melihat status orang, deh. Selain baik untuk memori HP, baik pula untuk kesehatan mental, lo! Ha-ha.

Melalui tiga cara tersebut, semoga memori WhatsApp-mu bisa terselamatkan ya, Millens? Selamat mencoba! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT