Tanda WhatsApp Dibajak Tanpa Kamu Sadari, Apa Saja?

Tanda WhatsApp Dibajak Tanpa Kamu Sadari, Apa Saja?
Tanda WhatsApp sudah dibajak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terkadang, ada orang iseng tau bahkan memang sudah berniat buruk membajak akun WhatsApp orang lain. Kalau sudah begini, data pribadimu bisa terkuak, lo. Nah, kira-kira, seperti apa sih tanda WhatsApp dibajak tanpa kamu sadari?

Inibaru.id – Terkadang, ada orang iseng atau yang memang berniat jahat membajak WhatsApp orang lain. Biasanya sih tujuan dari pembajakan ini untuk mengetahui aktivitas pemilik WhatsApp hingga mengetahui sejumlah rahasia di pesan pribadi dan lain-lain. Lantas, seperti apa sih tanda WhatsApp dibajak yang perlu kamu ketahui?

Ingat ya, data pribadi kini sering disalahgunakan orang lain. Dampaknya bisa saja membuat reputasimu jatuh atau bahkan membuatmu mengalami kerugian seperti menjadi korban penipuan atau bahkan membuat isi rekening bankmu jadi ludes. Duh, bahaya bener, ya.

Nah, berikut adalah sejumlah tanda WhatsApp dibajak tanpa kamu sadari yang sebaiknya kamu ketahui, Millens.

WhatsApp Mengirim Pesan yang Nggak Kamu Lakukan

Ciri pertama WhatsApp kamu dibajak adalah aplikasi perpesanan ini mengirim pesan ke kontak lain tanpa kamu sadari. Kamu baru mengetahuinya usai membaca pesan yang sudah dikirim tersebut. Bisa jadi, WhatsApp kamu sudah disadap oleh orang lain dan pesan tersebut juga dikirim oleh orang lain tesebut. Bisa jadi juga sudah ada malware yang menguasai WhatsApp atau ponsel kamu, lo. Hati-hati, ya!

Pesan Sudah Terbaca Padahal Kamu Belum Membacanya

WhatsApp bisa saja mengirim pesan sendiri tanpa kamu ketahui. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
WhatsApp bisa saja mengirim pesan sendiri tanpa kamu ketahui. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu masih mengaktifkan centang biru tanda bahwa pesan sudah dibaca, pasti bakal mengetahui mana pesan yang belum atau telah terbaca. Nah, kalau kamu mengaktifkannya namun banyak pesan sudah terbaca padahal kamu belum membukanya, bisa jadi WhatsApp kamu sudah dibajak orang lain, Millens.

Akun WhatsApp Keluar Sendiri Secara Tiba-Tiba

Beda soal kalau kamu membuka Whatsapp di ponsel dan perangkat lain seperti computer. Biasanya sih ya, kalau akun WhatsAppmu dibuka di perangkat ponsel lain, maka WhatsApp di ponsel kamu bakal keluar sendiri secara tiba-tiba. Apalagi kalau nomor teleponmu nggak lagi terdaftar di WhatsApp ponselmu, Millens.

Kalau sampai begini, bisa jadi WhatsAppmu memang sudah dibajak. Duh, hati-hati, ya?

Aktif di Perangkat Lain yang Nggak Kamu Kenal

Coba deh kamu cek di bagian Pengaturan Whatsapp, khususnya di bagian akun dan di mana saja akunmu aktif. Kalau aktif di perangkat lain yang nggak kamu kenal, besar kemungkinan WhatsApp kamu dibajak, Millens. Apalagi jika perangkat tersebut nggak bisa diverifikasi.

Nah, biar WhatsAppmu aman, sebaiknya kamu melakukan aktivasi Verifikasi Dua Faktor, ya. Jadi, kamu bisa menambah kode rahasia untuk mengamankan WhatsAppmu. Selain itu, sebaiknya kamu juga me-log-out WhatsApp Web jika memang sudah nggak dipakai, ya.

Kalau memang WhatsAppmu dicurigai sudah dibajak, nggak ada salahnya lo menginstal ulang aplikasi ini. Setelahnya, kamu tinggal melakukan pendaftaran ulang. Nantinya, kode OTP juga bakal dikirimkan ke nomor ponselmu kok.

Hm, jadi sudah tahu kan tanda WhatsApp dibajak. Hati-hati, ya? (Cnn/IB09/E05)