Begini Cara Tahu Whatsapp Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

Begini Cara Tahu Whatsapp Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan
Tips mengetahui pesan sudah dibaca di Whatsapp meski penerima mematikan centang biru. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejumlah orang memilih untuk mematikan centang biru di Whatsapp. Hal ini bikin kamu kesulitan mengetahui apakah pesanmu sudah dibaca atau belum oleh orang tersebut. Lantas, gimana ya biar memastikan pesanmu sudah terbaca?

Inibaru.id – Kamu pasti punya sejumlah teman yang memilih untuk mematikan centang biru di Whatsapp. Nah, kalau begini, pasti bakal sulit memastikan apakah mereka sudah membaca pesan yang kamu kirim atau belum. Sebenarnya, ada nggak sih cara tahu Whatsapp sudah dibaca atau belum meski centang biru dimatikan?

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk mematikan centang biru. Salah satunya adalah faktor pekerjaan. Sejumlah orang mematikannya agar mereka tetap bisa membaca chat namun nggak perlu khawatir orang yang mengirimnya tahu sudah membacanya.

Jadi, mereka bisa menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan terlebih dahulu sebelum melakukan tugas yang ada di pesan terbaru.

Selain itu, ada juga lo yang sengaja mematikannya agar bisa stalking. Maklum, dengan mematikan centang biru, kamu bisa mengecek Whatsapp Story orang lain tanpa ketahuan. Hm, menarik juga ya?

Namun, masih ada lo celah soal centang biru ini. Ada trik yang bisa kamu lakukan untuk tahu apakah pesan Whatsapp kamu sudah dibaca meski centang biru dimatikan. Berikut adalah celah-celah yang bisa kamu gunakan tersebut.

1.       Menggunakan Voice Note

Nyadar nggak kalau sekarang semakin banyak orang yang memakai voice note? Selain bikin nggak ribet karena tinggal ngomong dan nggak susah-susah ngetik, hal ini juga bisa membuatmu bisa memastikan apakah pesan tersebut bisa terbaca atau nggak meski penerima telah mematikan centang birunya.

Selain lewat grup, kamu bisa berkirim pesan dengan Voice Note di Whatsapp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selain lewat grup, kamu bisa berkirim pesan dengan Voice Note di Whatsapp. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Triknya begini, Millens. Kamu bisa menuliskan pesan terlebih dahulu, lalu, kamu tinggal mengirimkan pesan suara. Nah, pesan suara alias voice note ini bakal mengeluarkan tanda centang biru kalau sudah didengar oleh penerima. Otomatis, pesan yang sebelumnya kamu tulis pasti juga sudah terbaca.

Tapi sayangnya, kalau voice note ini diabaikan alias nggak didengar, nggak bakal ada centang birunya, Millens.

2.       Berkirim Pesan Lewat Grup

Meski pengguna sudah mematikan centang biru, pilihan ini nggak bakal berguna kalau berkirim pesan di grup Whatsapp. Kalau semua anggota grup sudah membaca pesannya, pasti pesan ini bakal terlihat centang biru.

Ada juga trik lain lo. Tulis saja pesan yang kamu ingin sampaikan ke penerima yang ada di dalam grup Whatsapp yang sama. Setelah beberapa saat, kamu tinggal menekan ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar ponsel kamu. Setelahnya, pilih “Info”.

Kamu pun bisa mengecek siapa saja yang sudah membaca atau belum membaca pesanmu di grup, deh.

Hm, menarik ya, Millens. Ternyata masih ada cara untuk tahu pesan sudah dibaca atau nggak meski penerima sudah mematikan centang biru. (Kum/IB09/E05)