BerandaHits
Jumat, 23 Nov 2023 17:00

Beda Konser, Fan Meeting, Fan Sign, dan Showcase dalam Dunia K-pop?

Aktivitas fan sign yang dilakukan idol K-pop untuk penggemarnya. (iStyle)

Seorang idol K-pop umumnya memiliki aktivitas rutin dalam berinteraksi dengan penggemarnya melalui konser, fan meeting, fan sign, hingga showcase. Tahukah kamu apa perbedaan aktivitas tersebut?

Inibaru.id – Istilah fan meeting, fan sign, showcase, dan konser acap menjadi pembahasan seru di medsos, khususnya di kanal-kanal para penggemar K-pop. Namun, bagi orang yang berada di luar sirkel mereka, istilah ini pastilah terasa asing. Apakah maksud dari istilah-istilah ini?

Sebelum membahasnya satu per satu, perlu kamu tahu bahwa istilah-istilah ini mengacu pada aktivitas solo atau grup idol K-pop untuk berinteraksi dengan para penggemarnya. Jadi, benang merahnya adalah atau "servis" para idol untuk para penggemar mereka.

Kendati sama-sama bagian dari bentuk interaksi idol kepada penggemarnya, pihak managemen akan mengemasnya dalam bentuk yang berbeda-beda. Selain agar variatif, wadah yang berbeda-beda ini dilakukan untuk "menjual" lebih banyak interaksi guna mendulang keuntungan lebih besar.

Lalu, apa perbedaan konser, fan meeting, fan sign, dan showcase ini? Mari kita bahas satu per satu!

Interaksi Idol kepada Penggemarnya

Ilustrasi: Aktivitas dalam fan meeting. (MNET Kcon Official)

1. Konser

Bentuk interaksi ini merupakan yang paling umum. Nggak hanya para idol K-pop, konser juga menjadi sarana menyapa penggemar yang paling jamak dipakai para pemusik di seluruh dunia. Konser yang berlangsung antara 2-3 jam ini umumnya dibuat dengan mewah, disertai aksi panggung yang energetik dan kostum menawan.

Nah, untuk K-pop, konser biasanya juga diramaikan dengan berbagai atribut massal yang dipakai para penonton, misalnya lightstick, bando, hand banner, dan lain-lain. Kehebohan para idol dan penonton K-pop nggak jarang membuat aura konser mereka terasa jauh lebih meriah dan menyenangkan.

Di Indonesia, harga tiket konser K-pop biasanya dibanderol dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski terbilang mahal, hampir nggak ada kegiatan konser itu yang sepi penonton, lo! Kebayang kan seberapa garis keras para fan K-pop di negeri ini?

2. Fan Meeting

Skala fan meeting biasanya lebih kecil dari konser. Kendati tetap ada aksi panggung dan sesi menyanyi, durasinya nggak selama konser. Mungkin sekitar satu jam. Panggungnya juga lebih kecil, dengan para penonton ditempatkan di tribun sehingga posisinya cukup dekat dengan para idola mereka.

Seusai menyanyikan beberapa lagu, fan meeting umumnya bakal diikuti dengan sesi tanya jawab. Selain itu, acara tersebut juga nggak jarang disertai dengan gim-gim interaktif yang melibatkan para penonton. Pasti heboh banget penggemar yang ditunjuk untuk main gim bareng idolnya! Ha-ha.

3. Fan Sign

Fan sign biasanya diadakan saat penyanyi solo atau grup idol K-pop merilis album. Dengan mengikuti acara ini, penggemar bisa membeli album terbaru lengkap dengan pembubuhan tanda tangan dari para idolnya.

Saat pemberian tanda tangan, penggemar punya kesempatan untuk bersemuka langsung dengan idol mereka dengan jarak yang cukup dekat. Nggak jarang kesempatan ini dipakai para fan untuk menyapa para idol mereka secara langsung, meski hanya dalam hitungan detik atau menit.

Oya, sesi fan sign umumnya cukup eksklusif dengan jumlah peserta yang terbatas serta aturan yang cukup ketat. Salah satu aturan yang paling sering diberikan adalah dilarang mengambil foto, baik memotret sang idol atau melakukan selfie, di venue.

4. Showcase

Showcase digelar jika ada idol K-pop yang melakukan debut atau comeback dari hiatus. Event yang hanya menjadi "tradisi" di Korsel, meski belakangan ada juga negara lain yang melakukannya, ini dimulai dengan perfom lagu baru, lalu diikuti sesi tanya jawab.

Laiknya fan meeting, showcase biasanya juga dipandu oleh MC. Showcase umumnya ditayangkan di televisi. Namun, dengan sejumlah persyaratan, para penonton juga dipersilahkan untuk menontonnya secara langsung di dalam studio.

Yang ngaku penggemar garis keras K-pop, sudah pernah mengikuti salah satu aktivitas para idol idamanmu belum, nih? (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: