BerandaHits
Rabu, 30 Jul 2024 12:05

Baju Crop Top, Seksi untuk Perempuan tapi Dulu Diciptakan untuk Laki-Laki

Memakai crop top memberikan kesan kasual sekaligus berani dan eksentrik. (Shutterstock)

Crop top merupakan pakaian yang lazim digunakan oleh para perempuan. Siapa sangka pakaian yang memberikan kesan seksi itu dulu diciptakan untuk laki-laki.

Inibaru.id - Crop top kini sudah menjadi fashion item populer di kalangan anak muda untuk menunjukkan ekspresi kasual sekaligus berani dan eksentrik. Buat yang belum tahu, crop top merupakan atasan dengan potongan pendek yang memperlihatkan bagian pinggang, pusar, atau perut.

Crop top ini telah menjadi bagian yang nggak terpisahkan dari budaya populer. Kita sering melihat selebritas, model, dan influencer media sosial mengenakan crop top dalam berbagai acara dan kesempatan. Crop top juga menjadi pilihan utama untuk festival musik, konser, dan acara santai lainnya.

Crop top semakin meledak di era K-pop karena banyak idol mengenakan crop top dalam penampilan panggung atau aktivitas sehari-hari. Penggemar pun sering kali tertarik untuk meniru gaya mereka.

Tapi tahukah kamu sebuah fakta menarik tentang crop top? Pakaian yang populer di kalangan perempuan ini dulunya diciptakan sebagai baju laki-laki. Menurut "Crop Tops Are For Guys" di Tumblr, awal mula crop top sebagai pakaian kaum Adam bisa ditarik dari periode 1970-an.

"Kaus crop top aslinya diciptakan oleh lelaki untuk lelaki dan sudah menjadi bagian dari sejarah fesyen lelaki sebelum para perempuan mulai memakainya," tulis situs tersebut seperti dikutip The Guardian.

Pakaian untuk Olahraga

Sekarang, crop top jamak dikenakan oleh idol laki-laki K-Pop. (Pinterest)

Bagaimana ceritanya crop top menjadi pakaian laki-laki? Aturan pakaian di pusat kebugaran memicu lahirnya tren crop top. Kala itu, dilarang keras untuk berlatih tanpa atasan. Untuk menyiasatinya, para binaragawan memotong bagian bawah kaus agar dapat melihat otot perutnya saat berolahraga.

Crop top masih mendominasi fesyen lelaki pada era 80-an, terlebih lagi setelah sejumlah aktor Hollywood memakainya di film yang mereka bintangi. Sebut saja Johnny Depp dengan baju football seperut di film "A Nightmare on Elm Street" (1984).

Masuk ke dekade 90-an, crop top mulai diadaptasi sebagai baju perempuan. Madonna, Britney Spears, hingga Gwen Stefani menebar aura seksinya dengan crop top. Perlahan citra crop top sebagai simbol maskulin mulai luntur.

Tapi, jika sekarang kamu banyak melihat penyanyi laki-laki mengenakannya, memang belakangan status tersebut kembali diklaim oleh para lelaki seiring perkembangan gerakan bebas berekspresi tanpa melihat gender alias gender fluid.

Selain idol-idol K-Pop, crop top pernah dipopulerkan oleh rapper Lil Nas X lewat gaya di karpet merah dan aksi panggungnya. Di Grammy Awards 2022, ia tampil dengan crop top yang diselimuti detail berlian dari Balmain.

Ya, sempat menjadi pakaian laki-laki di zaman dulu, crop top lalu menjadi pakaian andalan perempuan untuk tampil seksi, dan sekarang crop top pantas dikenakan oleh semua gender. Kamu punya koleksi crop top nggak, Millens? (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT