inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Hobi Thrifting? Bersihkan Dulu Ya Pakaianmu Agar Bebas Bakteri
Minggu, 10 Sep 2023 06:12
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Mencuci pakaian bekas. (Berkeluarga.id)

Ilustrasi: Mencuci pakaian bekas. (Berkeluarga.id)

Baju bekas yang didapat dari thrifting bisa jadi penuh kuman dan beraroma menyengat karena diberi parfum berkualitas rendah. Nah, kamu sebaiknya mencucinya dulu ya sebelum memakainya.

Inibaru.id – Selain pakaian baru, kini banyak orang yang juga tertarik untuk membeli pakaian thrift alias pakaian bekas. Apalagi, semakin banyak orang yang mau menjual pakaian-pakaian bekas dalam kondisi baik dan sesuai dengan tren terkini dengan harga terjangkau.

Masalahnya, meski pakaian berada dalam kondisi baik, bisa jadi pakaian-pakaian bekas itu terkontaminasi kuman atau bakteri. Apalagi jika pakaian-pakaian tersebut dipajang di ruang terbuka atau di pinggir jalan, tentu kotor karena terkena debu dan berbagai hal lainnya, bukan?

Nah, kalau kamu membeli pakaian-pakaian tersebut, pastikan untuk membersihkannya dulu sebelum dipakai, ya?

Biar pakaian-pakaian ini benar-benar bisa bersih dan bebas kuman, cobain deh tips mencuci pakaian bekas sebagaimana yang diungkap oleh The Spruce, Selasa (4/9/2023) ini. Simak baik-baik, ya!

1.       Baca dulu label perawatannya

Yap, banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya membaca label perawatan dari baju yang mereka beli. Padahal, dengan mengetahui informasi yang tertera pada label itu, mereka bisa merawat bajunya dengan baik sehingga bajunya tetap awet.

Sebagai contoh, jika pada label baju bekas yang kamu beli tertulis “hanya bisa dicuci kering atau dry clean”, ada baiknya kamu mematuhinya agar bajunya tidak mudah rusak. Kamu pun sebaiknya mencuci pakaian tersebut di tempat laundry yang menyediakan layanan cuci kering, Millens.

2.       Mencucinya dengan tangan

Pakaian bekas bisa jadi penuh dengan bakteri dan kotoran. (Voi.id)
Pakaian bekas bisa jadi penuh dengan bakteri dan kotoran. (Voi.id)

Sebenarnya, alih-alih mencuci pakaian bekas langsung di mesin cuci, sebaiknya kamu mencuci pakaian bekas yang baru kamu beli dengan tangan saja. Dengan melakukannya, kamu jadi tahu bagian mana yang sekiranya perlu dikucek agar bersih dari kotoran atau noda.

O ya, jika di label pakaian yang kamu beli ada tulisan “cuci secara terpisah”, sebaiknya kamu mematuhinya karena bisa jadi warna pakaian tersebut mudah luntur. Kalau dicampur dengan pakaian lainnya, tentu pakaian lainnya akan kelunturan dan bakal membuatmu kerepotan, deh.

3.       Jika ada noda, segera hilangkan

Kamu suka dengan pakaian bekas yang kamu beli, tapi ada noda yang cukup mengganggu di salah satu bagiannya. Kalau sudah begitu, segera cuci dengan penghilang noda berbasis enzim. Kamu tinggal menggosokkan penghilang noda itu dengan jarimu atau dengan sikat yang memiliki bulu halus. Nodanya pasti akan segera hilang dan pakaianmu akan terlihat keren lagi deh.

4.       Jika berbau menyengat, segera tangani

Terkadang, bau pakaian bekas cukup menyengat karena diberi parfum berkualitas rendah. Kalau sudah begitu, sebaiknya rendam dulu deh pakaian tersebut di dalam air berisi air hangat dan 236 mililiter baking soda semalaman.

Saat dibilas, tambahkan cuka putih sebanyak 236 mililiter untuk membuatnya jadi lebih bersih dan bebas aroma menyengat.

Meski terkesan ribet, setidaknya pakaian bekas yang kamu beli jadi lebih wangi dan bebas kuman. Kamu pasti akan nyaman memakainya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved