BerandaHits
Senin, 13 Nov 2022 15:07

5 Cara Mudah Merawat Sofa Kulit Agar Awet

Membersihkan sofa kulit. (via Biopolish)

Sofa berbahan kulit memang bisa menciptakan kesan mewah. Meski begitu, kamu harus memperhatikan kondisi sofa agar awet. Berikut ini cara membersihkan sofa kulit.

Inibaru.id – Sofa kulit menjadi salah satu pilihan perabot untuk mempercantik interior ruang tamu. Berbeda dengan bahan sofa lain, sofa kulit bisa membuat tampilan dalam rumah menjadi lebih mewah, tahan air, dan awet.

Selain itu, perawatan sofa kulit juga termasuk mudah. Tapi, sofa kulit juga rentan rusak karena berbagai faktor seperti paparan panas sinar matahari atau kurang perawatan.

Karena itu, kamu-kamu yang memiliki sofa ini wajib tahu bagaimana cara perawatannya agar tetap nyaman ketika digunakan.

Sebenarnya, perawatan sofa kulit bisa dibilang mudah dan nggak ribet layaknya sofa kain. Seperti apa perawatan yang tepat untuk sofa kulit dilansir Kompas (12/11/2022)?

1.       Pastikan baca label perawatan

Bisa saja sofa kulit yang dibeli dilengkapi dengan label perawatan dan hal ini harus kamu ketahui ketika perabot ini sampai ke rumah. Membaca label perawatan merupakan hal penting agar kamu bisa membersihkan sofa dengan cara yang benar.

2.       Gunakan penyedot debu

Sebaiknya sofa kulit dibersihkan dengan cara divakum paling nggak sebulan sekali. Pastikan kamu membersihkan titik-titik mulai dari bawah bantal. Di sinilah debu kerap menumpuk.

Gunakan kain microfiber yang bersih dan kering untuk mengelapnya.

3.       Mengelap

Lap sofa kulit dengan campuran cuka dan air. (via Sehatku)

Lap sofa kulit secara keseluruhan. Kamu bisa mencoba campuran air, cuka putih, dan microfiber. Caranya, tuang sedikit cuka ke dalam ember berisi air, masukkan lap microfiber, angkat kain, dan peras.

Setelah itu, seka sofa dari atas hingga ke bawah dan celupkan kembali microfiber ke ember berisi cuka putih kalau perlu dibasahi kembali. Hindari bahan pembersih berbahan dasar minyak karena dapat merusak bahan dan menimbulkan rasa lengket. Tunggulah hingga kering jika mau duduk.

4.       Perhatikan letak

Faktor lain yang membuat sofa kulit rusak ialah kondisi yang begitu kering, baik itu karena panas matahari atau pemanas ruangan. Nah, untuk mencegah sofa kulit rusak, ada baiknya perabot ini dijauhkan dari panas matahari atau pemanas ruangan.

Eits, kamu juga bisa menggunakan kondisioner khusus sofa kulit untuk melembapkan permukaannya, lo. Lakukan cara ini tiap enam bulan sekali.

5.       Serahkan pada jasa pembersih

Kalau kamu nggak ada waktu untuk membersihkan sofa kulit di rumah, nggak ada salahnya lo untuk memanggil jasa pembersih. Dengan begitu, sofa kulitmu bisa diberi treatment yang tepat.

Jadi gimana, nggak sulit kan untuk merawat sofa kulit kesayanganmu, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT