Sebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Menggaruk Sofa atau Karpet

Sebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Menggaruk Sofa atau Karpet
Kucing suka menggaruk karpet dan sofa. (Shutterstock via Yahoo)

Jengkel ketika mendapati sofa dan karpet robek karena sering digaruk kucing peliharaan? Kenapa ya mereka suka sekali melakukannya?

Inibaru.id – Kucing memang kerap berperilaku menggemaskan. Namun nggak jarang, binatang berbulu ini juga menjengkelkan, terutama ketika menggaruk sofa, gorden, atau karpet di rumah.

Perilaku ini jelas bikin barang-barang di rumah rusak. Meski jengkel, tapi kamu sebaiknya nggak memukulnya ya!

Tapi, kira-kira kenapa sih si mpus suka banget menggaruk benda-benda berbahan kain tersebut? Kalau kata konsultan perilaku kucing bersertifikat Marilyn Krieger, itu karena tabiat mereka yang memang sejatinya merupakan hewan liar.

"Hal ini dilakukan oleh kucing karena mereka di alam liar menggaruk dan begitu pun di rumah," ujarnya, dikutip dari Cuteness, Sabtu (4/9/2021). 

Penjelasan Dokter Hewan

Lebih detail, dokter hewan memiliki penjelasan mengenai tingkah polah kucing yang kerap bikin jengkel ini. Apa saja sih yang membuat kucing suka menggaruk karpet dan sofa? 

-          Kucing menggaruk untuk menghilangkan lapisan luar cakarnya yang mati, sehingga cakarnya dapat tajam kembali.

-          Kucing juga butuh stretching untuk meregangkan otot-otot, lo. Caranya dengan menggaruk. Dengan begitu, otot di punggung dapat regang. Selain itu, gerakan ini juga dapat melenturkan kaki dan cakarnya

-          Untuk menghilangkan stres dan kebosanan

-          Kucing mencakar sebagai cara untuk menandai wilayah, berkomunikasi dengan kucing lain dengan tanda visual dan penciuman yang dikenal sebagai penanda aroma interdigital. FYI, Kucing memiliki kelenjar aroma pada setiap bantalan kaki (plantar) mereka.

-          Untuk bersenang-senang.

Sebenarnya, kalau kamu nggak keberatan dengan perilaku ini, ya sudah. Tapi, kalau aksi garuk-garuk ini sudah membuat kesabaranmu habis, sebaiknya perlu ditangani dengan modifikasi perilaku dan lingkungan. 

Tips Menghentikan Kucing Menggaruk Karpet

Cobalah alihkan perhatian kucing dengan membuatkan atau melapisi tempat yang kerap digaruk dengan bahan lain. (Ist via Digtara)
Cobalah alihkan perhatian kucing dengan membuatkan atau melapisi tempat yang kerap digaruk dengan bahan lain. (Ist via Digtara)

Untuk menghentikan garukan atau cakaran kucing di karpet, sofa, dan benda lainnya, kamu bisa mengalihkan penggarukan ini di tempat lainnya. Coba deh, letakkan tiang garukan di beberapa sisi kaki sofa. Bisa juga dengan meletakkan pohon atau tiang panjat kucing dengan fitur garukan yang cukup luas. Untuk berjaga-jaga, sediakan juga permukaan vertikal atau horizontal karena kucing bisa saja pilih-pilih.

Zazie Todd dari Companion Animal Psychology mengutip survei baru-baru ini yang terdiri atas 128 kucing yang pemiliknya direkrut oleh klinik dokter hewan dan peneliti di Psychology and Veterinary Medicine di University of Padua, Italia yang menyimpulkan bahwa ketika tiang garukan disediakan, kucing bakal menggunakannya.

Namun perlu diingat, kucing memiliki preferensi mengenai bahan tiang atau pohon yang digaruk. Kamu mungkin perlu bereksperimen dengan serat sisal, karpet, kayu, dan karton bergelombang untuk melihat mana yang disukai kucing. Jangan ragu untuk bereksperimen seperti melapisi pohon dengan karpet berbahan bergelombang atau yang lainnya. Kaget ya kalau kucing juga picky?

Hm, sepertinya semua pengorbanan untuk mengalihkan area garukan itu bakal terbayar lunas dengan tingkah polah kucing kesayangan yang menggemaskan. Selain itu, nggak ada lagi deh sofa atau karpet yang jadi sasaran. Betul nggak, Millens? (Kom/IB21/E07)