BerandaKulinary
Sabtu, 9 Agu 2024 18:32

Uniknya Rasa Kuliner Khas Pati Blekok Goreng

Blekok goreng, kuliner khas Pati di Omah Kopyor. (Betanews/Kholistiono)

Burung blekok biasanya kita lihat di sawah-sawah. Siapa sangka, burung ini bisa jadi menu makanan yang lezat, lo, yaitu blekok goreng. Kamu bisa mencicipinya di Omah Kopyor, Pati.

Inibaru.id – Kamu yang sering main ke sawah pasti sering melihat burung blekok. Burung berwarna putih yang mudah ditemukan di Asia Tenggara ini memang kerap datang ke sawah atau sungai-sungai di sekitarnya untuk makan ikan, kepiting, dan serangga. Tapi, tahukah kamu kalau di Pati, Jawa Tengah, burung yang juga dikenal dengan nama lain belibis atau kuntul ini jadi salah satu bahan kuliner andalan bernama Blekok Goreng?

Kamu bisa menemukan kuliner khas Pati ini di kawasan utara kabupaten tersebut, tepatnya di Omah Kopyor yang berlokasi di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti. Jika ditarik dari Alun-alun Pati, jaraknya kurang lebih 32,8 kilometer ke arah utara. Cukup jauh, ya?

Jauhnya jarak yang harus ditempuh untuk mencapai warung tersebut bakal terbayar lunas tatkala kamu bisa memesan blekok goreng yang jadi andalan warung tersebut. Tapi, kamu harus datang pas musim blekok ya, yaitu pada saat padi sudah mulai menguning atau menjelang panen. Biasanya, pada masa itulah, blekok bakal banyak datang ke kawasan Desa Ngagel.

“Menu blekok goreng memang nggak selalu tersedia di sini. Hanya kami sediakan pas musim blekok saja,” ungkap salah seorang pengurus warung tersebut Endah Sutiana sebagaimana dinukil dari Betanews, Sabtu (3/8/2024).

Tempat makan Omah Kopyor di Pati. (Google Street View)

Selain menu ini, ada menu khas warung tersebut lainnya yang juga baru tersedia kalau sedang musimnya, yaitu olahan burung emprit dan ikan janjan. Tapi, dua menu ini masih kalah populer dengan blekok goreng yang ukurannya cukup besar.

Sebenarnya, secara rasa, blekok goreng nggak jauh berbeda dengan daging burung atau unggas pada umumnya. Tapi, sensasi mencicipi daging blekok berleher panjang tentu cukup menarik. Apalagi jika disantap bersamaan dengan sambal cabai hijau, cabai merah, atau sambal cemeding. Sudah kebayang kan semantap apa rasanya?

“Harga per porsi menu blekok goreng plus nasi, lalapan, dan sambal ini adalah Rp25 ribu. Sambalnya bisa dipilih sesuai selera,” lanjut Endah.

Untuk menemani kelezatan blekok goreng, kamu bisa memilih menu minuman seperti es kelapa kopyor yang segar. O ya, minuman ini juga tersedia dengan sejumlah varian rasa seperti alpukat susu, tapai ketan, hingga sirup. Harga minumannya sama dengan seporsi blekok goreng.

Hm, jadi makin penasaran dengan rasa blekok goreng yang tersedia di sana. Yuk kapan kita wisata kuliner ke Pati, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT