BerandaKulinary
Sabtu, 11 Okt 2024 11:01

Segarnya Dawet Telasih Bu Hj Sipon, Melegenda di Pasar Gede Solo

Dawet Telasih Bu Hj Sipon yang ada di Pasar Gede Solo. (Kompasiana/Christina Ameita Carolina)

Dawet telasih Bu Hj Sipon di Pasar Gede Solo selalu dijejali warga lokal dan kerap dijadikan jujugan pelaku wisata kuliner dari luar daerah.

Inibaru.id – Kalau kamu mau mampir ke pasar tradisional, pasti bakal menemukan banyak hidden gem yang sayang untuk dilewatkan. Hal inilah yang terjadi kalau kamu masuk ke Pasar Gede Solo. Di sana, ada satu tempat kuliner yang sangat menarik. Dawet Telasih Bu Hj Sipon namanya.

Lokasi tempat kuliner ini ada di Los Makanan Nomor 9, Gedung Timur Pasar Gede Solo yang ada di Jalan Urip Sumoharjo. Kalau menurut sang pemilik kedai, tempat ini buka dari pagi sampai sore.

“Saya buka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Bahan-bahan dawetnya saya buat sendiri sejak pukul 02.00 WIB agar kualitas dan kesegarannya tetap terjaga,” terang Hj Sipon sebagaimana dilansir dari Rri, Senin (27/11/2023).

Hj Sipon mengaku baru memulai kedai ini pada awal 2006, tepatnya setelah melakukan ibadah haji pada tahun sebelumnya. Makanya, dia nggak lupa menempel embel-embel Hajjah di nama kedainya. Sebelumnya, dia menjajakan sayuran dan bumbu dapur, Millens.

Sejak awal berjualan, banyak pembeli yang mengaku puas dan ketagihan dengan dawet telasih yang disediakan di sana. Saat Hj Sipon mulai menambahkan varian-varian lain seperti dawet telasih durian, popularitasnya terus melebar. Dari yang awalnya hanya dikenal pelanggan di pasar, lambat laun warga Kota Solo juga mengenalnya. Bahkan, kini kedainya jadi jujugan pelaku wisata kuliner dari luar daerah.

Kedai Dawet Telasih Bu Hj Sipon selalu ramai pembeli. (Rri/Soufi Asegaf)

Apalagi, harga dawet telasih yang dia banderol juga murah meriah, yaitu dari Rp8 ribu sampai Rp15 ribu saja. Kombinasi harga murah dan rasa yang mewah membuat Hj Sipon mudah menjual 100 mangkuk minuman per hari.

Ada banyak pedagang dawet telasih lain di Pasar Gede. Tapi yang paling populer adalah Bu Hj. Sipon. Di semangkuk dawetnya ada santan, dawet, cairan gula aren, ketan hitam, tapai ketan, bubur sumsum, dan biji selasih. Terkadang juga kita ditawari tambahan durian,” tulis salah seorang pengulas di Google bernama Eko Narwoyo yang bertandang ke kedai ini pada September 2024 dan memberikan bintang lima.

Wajib datang kalau sedang di Solo. Apalagi pas cuacanya panas. Segar banget. Rasanya pas, nggak terlalu manis. Kita juga bisa minta gulanya sedikit. Pelayanannya ramah. Pembayarannya juga bisa cash dan QRIS,” tulis pengulas lainnya di Google Shark Oks yang datang ke sana pada Juli 2024.

Wah, jadi penasaran nih seperti apa kesegaran dawet telasih Bu Hj Sipon yang ada di Pasar Gede Solo. Yuk kapan kita ke sana, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT