BerandaKulinary
Minggu, 16 Mar 2024 11:22

Kurma Keras Kembali Empuk dan Enak Dimakan, Ini Caranya

Kurma kering disebabkan terbentuknya kristal gula pada permukaan seiring dengan hilangnya kelembapan. (Istock)

Jika salah penyimpanannya, kurma di rumah bisa dengan mudah mengering dan menjadi keras. Tapi, jangan buru-buru kamu buang, karena ada beberapa cara yang efektif bikin kurma kembali empuk dan enak dimakan.

Inibaru.id - Kurma menjadi salah satu jenis buah yang laris di kala bulan Ramadan. Rasanya yang manis efektif mengembalikan tenaga kita setelah seharian menahan lapar dan haus. Sayangnya, kita nggak selalu mendapat buah kurma yang masih lembap, empuk, dan siap disantap. Seringkali kita juga mendapati kurma yang keras dan kering karena penyimpanan yang kurang baik.

Tahukah kamu kenapa kurma mudah mengering? Dilansir dari LEAFtv (18/4/2022), kurma yang mulai mengering disebabkan karena terbentuknya kristal gula pada permukaan seiring dengan hilangnya kelembapan.

Nah, agar enak disantap, tentu saja kamu harus menambahkan kelembapan ke dalam kurma sehingga kristal gula akan menghilang dan kurma terlihat seperti baru. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Handuk Kertas

Pertama, basahi handuk kertas atau tisu dapur sampai lembab lalu bersihkan kurma kering dengan handuk kertas tersebut. Singkirkan kristal gula yang terbentuk pada kurma. Setelah itu, bungkus kurma dengan handuk kertas dan biarkan beberapa menit untuk membuatnya lebih lembap.

2. Mungukus

Kurma adalah salah satu buah yang banyak dicari orang pada bulan Ramadan. (Istimewa)

Isi panci kecil dengan air dan masukkan keranjang kukusan. Setelah air mendidih, masukkan ke kukusan, taburi sedikit air di bagian atas kurma. Kukus kurma selama sekitar tiga sampai lima menit sampai cukup lembap atau semua kristal gula larut.

3. Menyemprotkan Air

Isi air ke dalam botol semprot kecil, kemudian semprotkan air ke kurma secara perlahan sampai semua bagian basah. Tunggu beberapa menit hingga kurma menyerap air, lalu semprotkan sedikit lagi sesuai kebutuhan hingga mencapai tingkat kelembapan yang kamu inginkan.

4. Rendam dalam Air Panas

Siapkan mangkuk atau gelas dan isi dengan air panas. Masukkan buah kurma yang keras ke dalam mangkuk tersebut, lalu tutup dan biarkan kurma terendam sepenuhnya. Biarkan kurma terendam selama kurang lebih 10 menit, lalu ambil buah kurma dan tiriskan.

Nah, itu dia cara mengembalikan kurma yang kering dan keras menjadi seperti baru beli ya, Millens. Jadi, kalau ada kurma kering di rumah, jangan buru-buru dibuang! (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT