Usai Dibeli, Kurma Harus Dicuci atau Langsung Bisa Dimakan?

Usai Dibeli, Kurma Harus Dicuci atau Langsung Bisa Dimakan?
Kurma harus dicuci dulu atau tidak sebelum dimakan? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ada kurma yang dijual di dalam kemasan, namun ada juga yang dijual kiloan. Apakah kurma ini harus dicuci dulu sebelum dimakan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Inibaru.id –Kurma adalah penganan yang identik dengan bulan Ramadan. Kamu bisa dengan mudah membelinya di mana-mana saat bulan puasa. Tapi, sebuah pertanyaan muncul usai mendapatkannya, apakah kurma harus dicuci dulu atau langsung bisa dimakan?

Di pasaran, kurma dijual dengan beragam jenis kemasan. Ada yang sudah dikemas dalam plastik yang tersegel. Ada juga yang dijual kiloan dan saat dijajakan, digelar begitu saja. Nah, apakah nggak apa-apa jika kita langsung memakannya meski nggak dicuci terlebih dahulu?

Pakar kesehatan dari Government Medical College Srinagar, Kashmir, India, bernama dr Saleem Ahmad Khanm menyarankan kita untuk mencuci buah kurma sebelum memakannya untuk berbuka atau menjadikannya camilan. Menurutnya, banyak kurma yang dijajakan secara terbuka di pasaran sehingga rentan terpapar debu, bakteri, kuman, virus, dan berbagai hal yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Meski begitu, dr Saleem juga menyebut ada solusi lain agar kita nggak perlu mencucinya, yakni membeli kurma yang dijajakan di dalam kemasan tertutup kedap udara. Hanya, dia juga menyarankan kita untuk mengecek kemasannya. Pastikan masih dalam kondisi baik dan tanggal kadaluarsanya masih lama. Nah, kemasan luar ini juga sebaiknya kita cuci dengan sabun dan air sebelum dikonsumsi.

Kemasan kurma harus kamu cermati sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kemasan kurma harus kamu cermati sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Buah-buahan yang Juga Sebaiknya Dicuci Sebelum Dimakan

Selain kurma, ada sejumlah buah lain yang sebaiknya juga kita cuci sebelum dimakan. Berikut adalah buah-buahan tersebut.

1.       Jeruk

Jeruk seharusnya dicuci dulu sebelum dikupas. (Freepik)
Jeruk seharusnya dicuci dulu sebelum dikupas. (Freepik)

Buah jeruk memiliki kulit yang cukup tebal. Terkadang, kita bahkan cukup kesulitan untuk mengupasnya dengan jari tangan. Nah, meskipun terkesan aman untuk langsung dikonsumsi, sebaiknya kita mencucinya terlebih dahulu sebelum mengupasnya.

Jadi gini, Millens, kita terbiasa memakannya saat sedang mengupasnya. Bahkan, saat kulit jeruk belum terkupas seluruhnya, terkadang kita sudah mulai memakan buah jeruk. Kalau begitu caranya, jari-jari tangan yang sudah terpapar debu, kotoran, atau bahkan bakteri dan virus dari luar kulit jeruk akan menyentuh buah jeruk yang kita makan. Nah, hal ini tentu nggak kamu inginkan, bukan?

2.       Apel

Apel juga sebaiknya dicuci dulu sebelum dimakan. (Freepik)
Apel juga sebaiknya dicuci dulu sebelum dimakan. (Freepik)

Apel dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan pestisida cukup tinggi. Melihat fakta ini, ada baiknya kamu mencucinya sebelum memakannya. Apalagi jika kamu terbiasa memakannya tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

3.       Anggur

Anggur. (Freepik via Medcom)
Anggur. (Freepik via Medcom)

Baik itu anggur hijau atau pun anggur ungu, kamu sebaiknya mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Sebagaimana apel, anggur juga terpapar cukup banyak pestisida saat masih ditanam.

Pastikan untuk mencucinya hingga ke sela-sela anggur, ya. Kamu tahu sendiri kan buah ini kecil-kecil dan bergerombol dalam satu tangkai sehingga nggak mudah sembarangan dicuci.

Nah, jadi kamu sudah tahu kan alasan mengapa ada kurma yang harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan? Demi kesehatan tubuh, kok. (Det/IB09/E05)