BerandaHits
Minggu, 6 Apr 2024 09:00

Waspadai Titik Rawan Banjir di Jateng, Pemudik Diimbau Cari Jalur Alternatif

Beberapa kendaraan sedang mengantri masuk ke dalam Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Akses jalur darat di Jawa Tengah belum sepenuhnya terbebas dari genangan banjir. Para pemudik diharapkan cermat dalam membaca setiap jalur yang akan dilewati dan diimbau untuk mencari jalur alternatif.

Inibaru.id - Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah antusias masyarakat untuk mudik lebaran. Kaporli Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta pemudik mewaspadai jalur-jalur di Jawa Tengah yang rawan digenangi banjir.

Pihaknya mencatat ada 11 titik yang berpotensi terjadi bencana banjir. Untuk itu para pemudik diwanti-wanti secara berkala mencari informasi jalur yang akan dilalui.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah rute alternatif yang bisa jadi pilihan masyarakat apabila terjadi genangan banjir," ucap Sigit selepas menghadiri rapat koordinasi di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang belum lama ini.

Berdasarkan survei Menteri Perhubungan, arus kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung meningkat 4 persen. Ada beberapa hal yang jadi fokus utama terkait potensi kepadatan dan cara mengurainya.

"Upaya mengurai antrian kemacetan di gerbang tol dengan menambah pintu exit tol, penambahan petugas dan card leader," jelasnya.

Jenderal bintang 4 tersebut lalu berpesan kepada pemudik untuk berhati-hati dan tidak memaksakan diri selama perjalanan. Dia juga meminta para pemudik untuk tidak beristirahat di bahu jalan.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah rest area. Demikian juga di jalur-jalur arteri banyak tersedia tempat istirahat. Hindari istirahat di bahu jalan karena berbahaya dan berpotensi menimbulkan laka lantas," tuturnya.

Titik Banjir Rob

Kaporli Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah menteri menyampaikan hasil rapat koordinasi mudik di GT Kalikangkung. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Sementara itu, Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Sonny Irawan merinci 11 titik rawan banjir adalah daerah-daerah yang selama ini sering tergenang rob. Utamanya di daerah Kaligawe Semarang dan Kabupaten Demak.

"Misalnya nanti banjir rob di jalur Kaligawe, kami sudah menyiapkan jalur alternatif melalui Jalan Woltermongisidi ke Pedurungan," ucap Sonny.

Selain banjir rob, jalur pantura Kabupaten Demak juga dalam beberapa bulan terakhir dihantam banjir akibat sejumlah tanggul sungai jebol. Jika di arus mudik terjadi hal yang tidak diinginkan pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif.

"Kami sudah mengantisipasi, misal jalan Pantura Demak-Kudus banjir lagi. Pemudik bisa melewati Simpang Trengguli ke Mijen-Welehan-Gotri sampai ke Jetak Kudus," paparnya.

Jawa Tengah Jadi Tumpuan

Potret kendaraan sedang melakukan pembayaran e-toll di GT Kalikangkung Semarang. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengapresiasi jajaran Polda Jateng lantaran telah menyiapkan skema mudik 2024 dengan baik.

Menurutnya, keberhasilan mudik 2024 bertumpu bagaimana arus lalu lintas di Jateng. Pasalnya seluruh pengendara yang keluar dari Jakarta melewati wilayah yang dipimpin oleh PJ Gubernur Nana Sudjana.

"Secara umum persiapan mudik di Jateng menurut saya sudah sangat bagus. Sebelum ada operasi ketupat ini, Polda Jateng sudah melaksanakan operasi candi dan menindak berbagai kejahatan di masyarakat," tutur Muhadjir.

Dirinya kemudian mengingatkan pemudik untuk mematuhi batasan waktu istirahat di rest area. Mengingat kondisi dan fasilitas di setiap rest area belum sebagus yang diharapkan.

"Akan tetapi kami sudah menyiapkan toilet fungsional. Selain itu sebagian besar rest area telah kami sediakan tempat bermain anak hingga ruang laktasi untuk ibu menyusui," tukasnya.

Ya, semua pihak telah melakukan tugasnya dengan baik untuk menghadapi mudik Lebaran tahun 2024. Semoga para pemudik bisa bertemu keluarga di kampung halaman dengan keadaan selamat ya, Millens! (Fitroh Nurikhsan/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT