BerandaHits
Selasa, 14 Okt 2024 17:45

Waspada, Pelanggaran Lalu Lintas Ini Bakal Jadi Sasaran Operasi Zebra Candi 2024

Operasi Zebra Candi 2024 digelar mulai Senin (14/10/2024) sampai dua pekan ke depan. (Polrestapati)

Biar nggak kena masalah saat Operai Zebra Candi 2024 digelar, pastikan dulu untuk mematuhi berbagai aturan-aturan berikut ini, Millens.

Inibaru.id – Kamu tinggal di Jawa Tengah dan kerap melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor? Kalau iya, siap-siap saja dengan adanya Operasi Zebra Candi 2024 yang digelar Polda Jawa Tengah dari Senin (14/10/2024) sampai Minggu (27/10/2024) nanti. Selain taat berlalu-lintas, kamu juga harus memperhatikan kelengkapan berkendaramu, ya!

Asal kamu tahu saja, Operasi Zebra Candi 2024 ini digelar demi menindak berbagai macam pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang bisa saja membuat munculnya korban jiwa atau luka. Tapi, bukan berarti polisi mencari-cari kesalahan pengendara, ya? Soalnya, operasi ini digelar sebagai salah satu cara sosialisasi dan edukasi bagi siapa saja terkait dengan keamanan, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Hal inilah yang diungkap oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah Kombes Sonny Irawan. Menurutnya, Operasi Zebra Candi 2024 yang digelar rutin setiap tahun ini memang memiliki tujuan utama berupa mengedukasi masyarakat.

“Operasi Zebra Candi 2024 mengedepankan giat edukatif dan persuasif, serta humanis didukung gakkum secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakatt dalam berlalu lintas,” ucapnya sebagaimana dinukil dari laman resmi Polda Jateng, Minggu (13/10/2024).

Operasi Zebra Candi 2024 digelar sebagai edukasi dan sosialisasi. (Kompas/Dzaky Nurcahyo)

Lantas, apa saja ya pelanggaran lalu lintas yang bakal dijadikan sasaran Operasi Zebra Candi 2024 ini? Sonny pun membeberkan berbagai pelanggaran yang dimaksud, yaitu:

· Berkendara melawan arus lalu lintas

· Bekendara di bawah pengaruh alkohol

· Memakai ponsel saat berkendara

· Pengendara sepeda motor atau penumpangnya nggak memakai helm SNI

· Pengendara roda empat atau lebih dan penumpang depan nggak memakai sabuk pengaman

· Menerobos lampu lalu lintas

· Pengendara sepeda motor masih di bawah umur

· Knalpot kendaraan nggak sesuai spesifikasi

· Kendaraan memakai lampu isyarat atau lampu strobe

· Kendaraan over dimension dan over load (ODOL).

Meski Operasi Zebra Candi hanya digelar sekitar 2 pekan, diharapkan sosialisasi dan edukasi ini berhasil membuat pengendara tetap tertib, mematuhi aturan lalu lintas, dan berkendara dengan aman di waktu-waktu lainnya. Tujuan dari melakukan hal-hal tersebut tentu saja agar angka kecelakaan lalu lintas bisa berkurang deh.

“Bersama kita wujudkan tertib berlalu lintas dari diri sendiri demi membuat nyaman seluruh pengguna transportasi jalan raya,” saran Sonny.

Pastikan untuk nggak melakukan pelanggaran pada masa Operasi Zebra Candi 2024 dan juga pada waktu lainnya, ya, Millens! Ingat, tujuan kita berkendara adalah sampai ke tujuan agar selamat! (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT