BerandaHits
Senin, 2 Jun 2024 08:00

Ternyata, Sepenting Ini Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum segelas air putih setelah bangun tidur. (Thinkstockphotos)

Lebih dari sekadar menghilangkan rasa haus, ada banyak manfaat minum segelas air putih setelah bangun tidur. Apa saja ya manfaatnya?

Inibaru.id – Apa hal yang kali pertama kamu lakuin setelah bangun tidur? Apakah langsung ke kamar mandi untuk buang air kecil, atau minum segelas air putih? Melakukan keduanya juga boleh, lo. Soalnya, keduanya baik untuk kesehatan.

Kalau soal buang air kecil, tentu bakal membuat kita membuang air seni sisa metabolisme tubuh yang memang sebaiknya nggak ditahan-tahan. Kalau minum air putih, tentu bisa bikin rasa haus setelah berjam-jam tidur dan nggak minum. Tapi, sebenarnya minum segelas air putih setelah bangun tidur ternyata bisa memberikan manfaat lebih baik dari itu, lo.

Memangnya, apa saja sih manfaatnya? Yuk simak baik-baik, Millens.

1.       Bikin sistem metabolisme tubuh jadi lebih aktif

Hel pertama yang bisa kamu dapatkan jika minum segelas air putih setelah bangun tidur adalah bakal mengaktifkan sistem metabolisme tubuh. Pasalnya, saat meminumnya, perut kamu benar-benar kosong karena nggak makan atau minum apapun semalaman. Kalau menurut pakar kesehatan sih, hal ini bakal bikin sistem metabolism melonjak 25 sampai 30 persen, lo.

Dampak dari hal ini nggak main-main. Tubuh jadi lebih bersemangat dan penuh energi. Tubuh juga bakal mencerna makanan dengan lebih maksimal.

2.       Bikin suasana hati jadi lebih baik

Minum segelas air putih bisa bikin suasana hati jadi lebih baik. (Herminahospitals)

Siapa sangka, hanya dengan minum segelas air putih setelah bangun tidur, suasana hati bisa jadi lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada 2014 dan 2019. Soalnya, dehidrasi bisa mempengaruhi suasana hati dengan signifikan. Kalau dehidrasi bisa diatasi, tentu bakal bikin mood membaik, deh.

3.       Bagus untuk program diet

Aktifnya sistem metabolism tubuh usai minum segelas air putih setelah bangun tidur bisa berpengaruh pada efektifnya program penurunan berat badan. Pembakaran kalori bakal berjalan dengan lebih maksimal. Selain itu, karena perut sudah terisi air, kamu jadi nggak mudah merasa lapar seharian.

4.       Bikin kulitmu jadi lebih sehat

Minum segelas air setelah bangun tidur membuatmu jadi lebih mudah memenuhi kebutuhan air harian yang berkisar antara 1,5-2 liter. Dengan memenuhi kebutuhan air harian, maka elastisitas sekaligus ketahanan kulit jadi terjaga. Kulitmu pun jadi lebih sehat dan awet muda, deh.

5.       Membuatmu mudah fokus

Saat bangun tidur dan tubuh mengalami dehidrasi, kamu mengalami kabut otak atau sakit kepala. Dalam kondisi tersebut, kamu bakal sulit untuk fokus ataupun berpikir. Nah, jika kamu minum air, dehidrasi bakal hilang dan akhirnya membuatmu jadi mudah fokus untuk bekerja dengan lebih baik.

Melihat berbagai manfaat kesehatan ini, nggak usah ragu untuk segera minum segelas air putih setelah bangun tidur, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT