inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Bener Nggak Sih Menahan Kencing Bikin Batu Ginjal?
Minggu, 24 Mar 2024 14:57
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Menahan kencing, benarkah bisa bikin batu ginjal? (Klikdokter)

Menahan kencing, benarkah bisa bikin batu ginjal? (Klikdokter)

Ada anggapan bahwa sering menahan kencing bikin batu ginjal. Apakah hal ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Inibaru.id – Ada banyak sekali mitos terkait dengan kesehatan yang dipercaya masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah kebiasaan menahan kencing bikin batu ginjal. Apakah hal ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Terkadang, mau nggak mau kita harus menahan kencing. Sebagai contoh, saat kita sedang berada di sebuah acara resmi yang sulit untuk ditinggalkan, di transportasi umum seperti bus ekonomi yang tidak memiliki toilet umum dan sedang melaju, atau pada beberapa tempat lain. Meski begitu, kondisi ini biasanya hanya sesekali terjadi saja.

Masalahnya, ada beberapa orang yang ternyata memang punya kebiasaan menahan kencing. Sebagai contoh, mereka yang hobi memainkan gim online lewat gawainya bisa menahannya dalam waktu lama karena nggak bisa melewatkan permainannya. Lantas, apakah hal ini berarti mereka rentan terkena batu ginjal?

Terkait dengan hal ini, Medical News Today menyebut kebiasaan menahan kencing memang bisa menyebabkan risiko terkena batu ginjal meningkat, khususnya bagi mereka yang sudah punya riwayat masalah kesehatan ini.

Menahan ginjal bisa bikin batu ginjal. (Klikdokter)
Menahan ginjal bisa bikin batu ginjal. (Klikdokter)

Alasannya, orang-orang dengan riwayat batu ginjal cenderung punya kandungan urid acid serta kalsium oksalat yang tinggi pada urinenya. Mineral-mineral tersebut bisa mengendap pada ginjal dan membentuk kristal yang pada akhirnya berimbas pada terbentuknya batu ginjal jika tak kunjung dibuang lewat buang air kecil.

Jadi begini, di dalam tubuh memang ada mekanisme pembentukan uric acid serta kalsium oksalat secara alami. Nah, proses pembuangan kelebihan mineral tersebut memang melalui urine. Meski dalam banyak kasus uric acid bisa mengeras, biasanya ukurannya sangat kecil sehingga saat terbuang bersama dengan urine nggak bikin buang air kecil terasa sakit.

Masalahnya, jika kita sering menahan buang air kecil, uric acid yang masih berukuran kecil kembali ke ureter, kandung kemih, uretra, atau bahkan ginjal. Endapan padat yang semula kecil bakal ditambahi endapan-endapan lainnya dan akhirnya membentuk batu ginjal. Dalam banyak kasus, ukurannya bisa cukup besar sehingga akhirnya sulit untuk dikeluarkan lewat buang air kecil.

Meski mereka yang punya riwayat batu ginjal lebih berisiko mengalaminya, bukan berarti orang-orang sehat yang nggak punya riwayat penyakit ini bisa dengan santai sering menahan buang air kecil. Jika sering melakukannya, sama saja membuat risiko terkena masalah kesehatan ini naik. Jadi, mau nggak mau memang kamu segera buang air kecil deh kalau memang sudah pengin. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved