inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Mengapa Hanya Ada 3 Ceret di Angkringan?
Kamis, 7 Mar 2024 18:21
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Hanya ada 3 ceret angkringan. Apa alasannya, ya? (Gudegbagong)

Hanya ada 3 ceret angkringan. Apa alasannya, ya? (Gudegbagong)

Kalau mampir ke angkringan, coba deh hitung berapa banyak ceret minuman di sana. Biasanya hanya ada 3 ceret di angkringan. Kok bisa ya jumlahnya pasti hanya segitu?

Inibaru.id – Kamu suka makan di angkringan, Millens? Kalau iya, coba deh hitung berapa banyak ceret yang diletakkan di atas tungku yang biasanya berlokasi nggak jauh dari tempat nasi kucing, satai, atau gorengan. Kepikiran nggak kalau biasanya hanya ada 3 ceret di angkringan mana pun yang kamu sambangi?

Angkringan memang bisa jadi tempat yang cocok bagimu yang pengin menghilangkan penat setelah beraktivitas seharian dan punya waktu luang untuk mencicipi minuman dan makanan berharga terjangkau sembari berbincang-bincang dengan teman, pacar, atau orang yang kebetulan juga makan di sana dan baru kamu kenal.

Tapi, kita nggak akan membahas angkringan dan fungsi sosialnya dalam masyarakat kita, ya, Millens. Kita balik lagi membahas soal mengapa hanya ada 3 ceret di angkringan. Padahal, bisa saja penjualnya membawa hanya satu, dua, atau bahkan empat. Ternyata, hal ini ada alasannya, lo.

Jadi begini, ceret minuman pertama biasanya dipakai untuk menyimpan air teh. Kamu tahu sendiri kan orang Indonesia hobi banget minum teh, apalagi setelah makan di tempat makan. Nah, teh ini bisa dijadikan es teh atau teh hangat sesuai dengan pesanan pembeli.

Setiap ceret minuman di angkringan punya fungsi yang berbeda. (happytour)
Setiap ceret minuman di angkringan punya fungsi yang berbeda. (happytour)

Ceret berikutnya adalah air jahe. Yap, kalau yang ini adalah minuman khasnya angkringan. Bagi pembeli yang datang malam-malam saat udara dingin, tentu bakal cocok untuk minum jahe anget atau susu jahe. Apalagi jika mereka juga datang sembari ngobrol dan berlama-lama di sana. Minuman jahe hangat tentu paling cocok jadi temannya, bukan?

Ceret terakhir dijadikan tempat untuk air putih. Biasanya sih, air putih ini dipakai sebagai campuran dari teh dan hangat yang dipesan pembeli. Alasannya, agar minumannya nggak terasa terlalu pekat. Selain itu, kalau ada yang pesan minuman lain seperti susu, kopi instan, atau jeruk hangat, bisa memakai air dari ceret ini, deh.

Lantas, kok ceret-ceret itu selalu ditempatkan berdekatan? Kalau yang ini sih agar tetap bisa hangat sehingga jika ada yang memesan teh hangat atau jahe hangat, nggak perlu memanaskan air lagi. Apalagi, tungku yang ada di angkringan juga terbatas sehingga tentu dengan menempatkannya di satu tempat, jadi lebih hemat, deh.

Kalau yang dipesan adalah minuman dingin seperti es teh misalnya, tinggal ditambahkan es batu saja sudah cukup. Oleh karena itulah, yang diutamakan adalah menjaga air pada ceret-ceret tersebut tetap dalam kondisi hangat.

Gimana, sudah tahu kan alasan mengapa hanya ada 3 ceret di angkringan, Millens? Omong-omong, kalau kamu biasanya pesan minuman apa nih kalau makan di sana? (Arie Widodo/e05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved