BerandaHits
Senin, 7 Apr 2024 15:00

Semangka Bisa Menurunkan Tekanan Darah Nggak, Sih?

Semangka mampu menurunkan tekanan darah. (Wikipedia/twtwtwt)

Selain menyegarkan, benar nggak sih rutin makan semangka bisa menurunkan tekanan darah? Berikut adalah fakta-faktanya, Millens.

Inibaru.id – Salah satu buah yang paling mudah dicari di Indonesia adalah semangka. Buah ini bisa kamu temui di toko-toko buah dengan harga yang terjangkau. Selain rasanya yang segar, semangka juga dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan nutrisi sehat dan bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

Tapi, belakangan ini ada kabar yang menyebut semangka bisa menurunkan tekanan darah. Apakah hal ini memang benar?

Terkait dengan pertanyaan ini, terdapat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Herbal Medicine pada 2003 lalu yang mengungkap kaitan antara konsumsi semangka dengan penurunan tekanan darah. Hasilnya adalah, nutrisi dalam buah ini, yaitu Citrullus Lanatus memang bisa menurunkan tekanan darah.

Hal serupa juga diungkap dalam jurnal berjudul Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan yang diterbitkan pada 2022 lalu. Dalam jurnal tersebut, terungkap kalau kandungan di dalam semangka seperti asam amino, vitamin, antioksidan, hingga mineral memang bisa memberikan dampak penurunan tekanan darah.

Hasil ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di Puskesmas Kalisusu, Kendari, Sulawesi Tenggara. Dalam penelitian tersebut, setidaknya 25 orang dilibatkan untuk mengonsumsi jus semangka selama tujuh hari berturut-turut setiap sore. Jus tersebut dibuat dari 250 gram buah semangka matang.

Semangka punya beberapa kandungan yang baik bagi tekanan darah. (halodoc)

Mereka yang rutin mengonsumsi jus semangka ternyata mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan. Dari awalnya memiliki tekanan darah rata-rata 153,8 mmHg systole dan 100,7 mmHg diastole, kemudian berkurang jadi 132,5 mmHg systole dan 90,2 mmHg diastole.

Kok bisa sesignifikan itu dampaknya? Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalium, asam amino, flavonoid, likopen, hingga sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C di dalam semangka. Khusus untuk kalium, mampu membuat ekskresi natrium di dalam sel-sel tubuh jadi lebih efektif dan berpengaruh pada longgarnya pembuluh darah. Hal inilah yang akhirnya berefek pada menurunnya tekanan darah.

Kandungan lainnya seperti asam amino L -citrulline juga bisa menghasilkan sejenis gas bernama nitrat oksida yang bisa membuat pembuluh darah jadi lebih rileks. Dampak dari keberadaan gas ini adalah menurunnya tekanan darah.

Ditambah dengan adanya likopen, semacam antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah, rutin mengonsumsi semangka memang terbukti bisa menurunkan tekanan darah.

Jadi, sudah tahu kan buah apa yang bisa kamu konsumsi jika pengin tekanan darah turun? Yap, makan semangka saja, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT