BerandaHits
Kamis, 9 Agu 2023 17:00

Saat Mencapai Gear 5, Mengapa Luffy Digambarkan Lebih Kocak?

Gear 5 Luffy dari anime One Piece. (Pinterest)

Saat mencapai Gear 5, Luffy memiliki bentuk sekaligus kekuatan terbaiknya. Namun, alih-alih sangar, dia justru digambarkan lebih kocak.

Inibaru.id – Dalam beberapa hari belakangan, kamu pasti sering melihat tagar atau unggahan media sosial yang menyebutkan "Gear 5 Luffy". Ini merujuk pada kekuatan baru Luffy, tokoh utama dalam anime One Piece yang mencapai bentuk tertingginya, yakni Gear 5, pada episode ke-1071 lalu.

Begitu tenarnya obrolan tentang Gear 5 Luffy ini, sampai-sampai banyak politikus Tanah Air yang ikut-ikutan nonton episode ini lalu mengunggahnya di media sosial, lo. Ehm, tapi kalau belum nonton episode-episode sebelumnya apa bakal paham, ya? Ha-ha.

Yap, setelah berjaya di pasar market manga Jepang selama 25 tahun, One Piece akhirnya masuk ke fase Final Saga alias saat-saat terakhir. Hal ini ditandai dengan diperolehnya Gear 5 yang menjadi bentuk kekuatan terbaik plus jurus terhebat si manusia karet tersebut.

Gear 5 adalah bentuk terbaik yang bisa dimunculkan Gomu Gomu no Mi, buah iblis yang dimakan Luffi saat kecil, yang membuatnya menjadi manusia karet. Saat melakukan pertarungan terakhir dengan King of Beast, Kaidou, di Onigashima, terungkap bahwa buah itu bernama asli Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Dewa Matahari Nika

Gear 5 adalah bentuk dan kekuatan terbaik dari Luffy. (Twitter/@onepiecedaiIys)

Hito Hito no Mi, Model: Nika adalah buah iblis tipe Zoan Mitos yang memungkinkan penggunanya untuk berubah menjadi Dewa Matahari "Nika" yang legendaris dan mendapatkan kekuatannya, yaitu tubuh dengan sifat-sifat karet.

Buah ini semula merupakan harta karun yang dicari oleh Pemerintah Dunia selama lebih dari 800 tahun, sampai akhirnya jatuh ke tangan Shanks, orang yang memberikan topi jerami kepada Luffy. Tanpa sengaja Luffy memakan buah tersebut saat berumur 7 tahun. Maka, jadilah dia si manusia karet.

Dalam sebuah wawancara, kemungkinan Luffy meningkatkan kemampuannya memang nggak disangkal kreator One Piece Eiichiro Oda. Kala itu, kemampuan bertarung kapten bajak laut Topi Jerami itu baru sampai Gear 4.

“Dunia saja sudah beralih dari teknologi 4G ke 5G (masa Luffy tidak),” ucap Oda dalam sebuah wawancara, Jumat (4/8/2023).

Gaya yang Kocak

Gear 5 Luffy justru membuatnya lebih kocak. (Istimewa)

Meski mendapatkan kekuatan terbaik dan bertransformasi menjadi Dewa Matahari Nika, Luffy bukan lantas tampil menyeramkan laiknya Kaidou. Dengan rambut dan baju yang berubah jadi putih serta mata merah menyala, Luffy justru tampil dengan gaya bertarung yang lebih kocak, tapi efektif.

Pada 2022 lalu, dalam sebuah wawancara yang ditampilkan di majalah Shonen Jump #34, Oda mengaku sengaja akan membuat pertarungan Luffy dengan Kaidou terlihat lucu, yang terinspirasi dari kartun Tom & Jerry. Sejumlah adegan bahkan terinspirasi oleh film animasi Malaysia Upin & Ipin.

Mengapa tetap ditampilkan kocak alih-alih sangar? Alasannya, karena Oda pengin mempertahankan karakter Luffy yang kekanak-kanakan dan polos. Nah, saat mencapai Gear 5, karakter ini justru keluar dengan sepenuhnya, bahkan memengaruhi orang-orang di sekitarnya, termasuk Kaidou.

Kalau kamu penasaran dengan seperti apa penampilan Luffy dengan Gear 5-nya, nggak usah ragu lagi, tonton saja episode ke-1071 anime One Piece, Millens! (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT