BerandaHits
Minggu, 15 Apr 2023 09:04

Puasa Lancar Meski Nggak Sahur, Bagaimana Caranya?

Ilustrasi: Jangan panik saat tahu kamu nggak sempat sahur. Coba tarik napas dalam-dalam agar lebih tenang. (Pexels/Andre)

Bisakah kita menjalankan puasa tanpa sahur? Jawabannya bisa saja asal memiliki niat yang kuat dan melakukan beberapa tips berikut ini. Apa saja tipsnya?

Inibaru.id - Kamu pasti pernah entah cuma sekali atau malah sering terlewat makan sahur saat menjalankan ibadah puasa, kan? Biasanya hal itu terjadi karena kamu nggak mendengar alarm sahur, nggak ada yang membangunkan, dan tidur terlalu nyenyak.

Biasanya kalau hal itu terjadi, apa yang akan kamu lakukan, Millens? Kamu akan tetap berpuasa atau nggak berpuasa karena nggak sahur?

Ya, walau makan sahur itu penting karena bisa sebagai sumber energi, sebenarnya kamu tetap bisa menjalankan puasa meski terlewat sahur, lo. Tentu saja agar puasamu lancar ada beberapa triknya ya. Kamu pengin tahu hal apa yang sebaiknya kamu lakukan agar puasa lancar meski nggak sahur?

1. Jangan Panik

Saat mengetahui terlambat bangun untuk sahur, umumnya reaksi kita langsung panik. Padahal hal ini nggak perlu terjadi. Kalau panik, selain energi akan terbuang sia-sia, juga bisa merusak mood sepanjang hari.

Coba tarik napas dalam-dalam agar lebih tenang. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa puasa yang kamu jalani berdasar pada niat ibadah. Bukan hanya semata-mata menahan lapar dan haus.

2. Punya Kegiatan Terencana

Ilustrasi: Buatlah daftar prioritas kegiatan dalam sehari untuk menghindari melakukan kegiatan yang nggak penting. (Infopublik/Teguh)

Rancanglah rencana harian untuk menghemat waktu dan tenaga, utamanya jika kamu sedang puasa. Hal ini agar terhindar dari melakukan pekerjaan yang di luar prioritas. Jadi, jangan lupa buat daftar aktivitas apa saja yang akan dilakukan.

3. Tidur Siang

Selama Ramadan, tubuh bisa menjadi terasa sangat lelah dan lemas. Untuk itu kamu bisa melakukan tidur siang 'pendek'. Cukup antara 15-20 menit saja, kamu bisa merasakan tidur yang berkualitas, sebagai pengganti kurangnya tidur malam hari.

Selain itu, tidur siang juga bisa menenangkan saraf, meningkatkan dan memulihkan semangat serta konsentrasi, bahkan mengurangi risiko serta serangan jantung.

4. Luangkan Waktu Beristirahat

Disadari atau nggak, memaksakan diri untuk bekerja seperti biasa saat puasa akan membuat tubuh semakin lelah. Apalagi bila kamu telat bangun sahur sebelumnya.

Bersikaplah realistis terhadap diri sendiri, jika nggak mampu menyelesaikan jumlah pekerjaan seperti hari-hari sebelumnya. Sempatkanlah untuk beristirahat. Setelah istirahat beberapa menit, kamu bisa kembali lagi pada pekerjaan.

5. Meditasi

Bila sulit untuk tidur siang, meditasi bisa dijadikan alternatif. Lakukanlah meditasi yang paling mudah berupa latihan pernapasan sederhana. Tarik napas selama tiga hitungan lalu hembuskan sampai enam hitungan. Lakukan secara berulang selama lima menit.

6. Hindari Tempat Panas

Suhu panas bisa membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Jika hal ini terjadi, maka kamu yang nggak sahur akan merasa sangat haus. Jadi, hindari berada langsung di bawah terik matahari dan cari tempat sejuk.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat nggak sempat sahur. Tapi, meskipun bisa diatasi, bukan berarti kamu melakukan puasa tanpa sahur teru-menerus ya, Millens. Saat berniat akan puasa, sebisa mungkin sempatkan makan sahur, ya! (Siti Khatijah/E07)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Kesiangan Sahur? Ini Triknya agar Tetap Semangat Walau Tanpa Sahur.

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

KPU Jateng Fasilitasi Debat Cagub-Cawagub Tiga Kali di Semarang

4 Okt 2024

Masih Berdiri, Begini Keindahan Bekas Kantor Onderdistrict Rongkop Peninggalan Zaman Belanda

4 Okt 2024

Gen Z Cantumkan Tagar DESPERATE di LinkedIn, Ekspresikan Keputusasaan

4 Okt 2024

Sekarang, Video Call di WhatsApp Bisa Pakai Filter dan Latar Belakang!

4 Okt 2024

Mengapa Banyak Anak Muda Indonesia Terjerat Pinjol?

4 Okt 2024

Ini Waktu Terbaik untuk Memakai Parfum

4 Okt 2024

Wisata Alam di Pati, Hutan Pinus Gunungsari: Fasilitas dan Rencana Pengembangan

4 Okt 2024

KAI Daop 4 Semarang Pastikan Petugas Operasional Bebas Narkoba Lewat Tes Urine

4 Okt 2024

Indahnya Pemandangan Atas Awan Kabupaten Semarang di Goa Rong View

5 Okt 2024

Gelar HC Raffi Ahmad Terancam Nggak Diakui, Dirjen Dikti: Kampusnya Ilegal

5 Okt 2024

Kisah Pagar Perumahan di London yang Dulunya adalah Tandu Masa Perang Dunia

5 Okt 2024

Penghargaan Gelar Doktor Honoris Causa, Pengakuan atas Kontribusi Luar Biasa

5 Okt 2024

Ekonom Beberkan Tanda-Tanda Kondisi Ekonomi Indonesia Sedang Nggak Baik

5 Okt 2024

Tembakau Kambangan dan Tingwe Gambang Sutra di Kudus

5 Okt 2024

Peparnas XVII Solo Raya Dibuka Besok, Tiket Sudah Habis Diserbu dalam 24 Jam

5 Okt 2024

Pantura Masih Pancaroba, Akhir Oktober Hujan, Masyarakat Diminta Jaga Kesehatan

6 Okt 2024

Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending

6 Okt 2024

Menikmati Keseruan Susur Gua Pancur Pati

6 Okt 2024

Menilik Tempat Produksi Blangkon di Gunungkidul

6 Okt 2024

Hanya Menerima 10 Pengunjung Per Hari, Begini Uniknya Warung Tepi Kota Sleman

6 Okt 2024