BerandaHits
Rabu, 15 Okt 2024 14:00

Pengin Masuk FYP? Kenali Dulu Durasi Video TikTok yang Ideal!

Ilustrasi: Durasi video TikTok yang ideal. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Durasi video TikTok berpengaruh besar buat kontenmu bisa masuk FYP atau nggak, lo.

Inibaru.id – Apakah kamu adalah salah satu dari 157,6 juta pengguna TikTok di Indonesia, Millens? Kalau iya, selama ini hanya lebih aktif jadi penikmat saja atau juga pembuat kontennya? Kalau kamu adalah salah satu dari yang terakhir, pasti pengin masuk FYP, kan?

FYP alias kategori FYP adalah penanda dari sebuah konten berhasil viral dan ditonton jutaan pengguna TikTok dari seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Nggak hanya bisa bikin pemilik akun jadi lebih populer, semakin tingginya interaksi yang didapat bisa menguntungkan untuk promosi bisnis atau hal lain.

Masalahnya, agar sebuah konten bisa menembus FYP, tentu harus bisa menarik perhatian banyak orang sekaligus bisa menyaingi konten-konten yang berasal dari jutaan kreator lainnya. Nah, salah satu cara agar kontenmu bisa menembus FYP adalah mengetahui durasi video TikTok yang ideal dan mampu mempertahankan engagement yang cukup tinggi.

Lantas, berapa lama sih durasi video TikTok yang bisa mendapatkan hal tersebut? Kalau menurut situs Loomly, durasi 21 sampai 23 detik cenderung mudah mendapatkan engagement seperti view, like, serta komentar yang cukup tinggi.

Video TikTok harus nggak terlalu lama agar engagement-nya tetap tinggi. (Flickr/ Aaron Yoo)

Mengapa cukup singkat? Alasannya sederhana, yaitu sifat konten-konten TikTok yang singkat dan padat sehingga penggunanya juga terbiasa melihat video-video yang serupa. Kalau videonya terlalu lama, mereka bisa dengan mudah kehilangan minat, deh.

Asal kamu tahu saja, sudah ada penelitian yang diungkap WIRED yang mengungkap kalau pengguna TikTok bisa stres kalau harus menonton video lebih dari 1 menit. Makanya, kalau penonton akhirnya memilih untuk berhenti menonton video panjang tersebut, bukannya menyelesaikannya sampai akhir, engagement-nya jadi rendah dan akhirnya nggak bisa FYP, deh. Kan sayang ya kalau sebenarnya kontennya cukup menarik?

Lantas, bagaimana jika durasi videonya lebih pendek? Kalau kurang dari 10 detik misalnya, terkadang malah dianggap algoritma Tiktok sebagai konten kualitas rendah. Jelas kalau yang seperti ini nggak akan bisa masuk FYP. Bahkan, bisa jadi konten atau akunmu malah kena shadowban gara-gara hal ini.

Selain durasi video, konten kreator TikTok juga harus memperhatikan berbagai hal lain seperti musik atau suara yang digunakan, interaksi dengan audiens, hingga tagar yang relevan. Jika sudah mampu memasukkan semua faktor tersebut pada konten yang temanya memang menarik, dijamin mudah masuk FYP, Millens. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT