BerandaHits
Senin, 20 Okt 2024 11:00

Penerbangan Sedang Transit, Penumpang Boleh Keluar Bandara?

Transit di bandara. (Fmarchitecture)

Waktu transit penerbangan sampai berjam-jam dan kepikiran untuk keluar bandara? Cek berbagai hal ini dulu, ya?

Inibaru.id – Demi menghemat biaya tiket pesawat, banyak orang yang rela memilih penerbangan yang disertai transit. Terkadang, transitnya bahkan sampai lebih dari 5 jam. Kalau sudah begitu, pasti bakal bete kan ya jika harus terus menunggu di dalam bandara.

Lantas, apakah bisa keluar bandara pas penerbangan sedang transit? Logikanya begini, kalau memang bisa keluar bandara, setidaknya kita bisa melihat pemandangan di kota sekitar atau sekadar melakukan wisata kuliner singkat.

Untungnya, kamu sebenarnya boleh-boleh saja melakukannya, lo. Tapi, dengan syarat kamu harus memperhatikan berbagai macam hal seperti sebagai berikut ini.

Perhatikan berapa lama waktu transitnya

Jika waktu transit kurang dari dua atau tiga jam, ada baiknya kamu urungkan niat untuk keluar bandara, ya? Alasannya ada dua. Yang pertama, kebanyakan bandara berlokasi jauh dari pusat kota demi alasan keamanan. Jika kamu keluar bandara hanya untuk melihat kota tersebut, tentu waktu dua atau tiga jam bakal membuatmu hanya bisa jalan-jalan sebentar. Percuma dan menghabiskan uang saja.

Yang kedua, kamu masih membutuhkan waktu untuk kembali lagi melakukan pemeriksaan keamanan atau tiket sebagaimana saat kamu kali pertama masuk bandara. Kalau waktu transitnya cuma sebentar, dikhawatirkan kamu butuh waktu lama melakukan pemeriksaan tersebut karena antreannya banyak dan malah ketinggalan penerbangan berikutnya. Rugi, kan?

Perhatikan masalah visa, keimigrasian, dan sejenisnya

Pengecekan keimigrasian di bandara. (TPI Soekarno Hatta)

Kalau kamu transit untuk penerbangan domestik, tentu nggak akan mengalami masalah soal visa atau keimigrasian. Beda cerita kalau kamu memakai penerbangan internasional. Keluar bandara malah bisa bikin kamu ribet. Apalagi jika ternyata untuk masuk wilayah negara lain, ternyata kamu butuh visa.

Jadi, kalau kamu punya waktu transit lama di sebuah negara, cek dulu persyaratan keimigrasiannya. Kalau ternyata paspor Indonesia bisa bebas visa di sana, bisa deh keluar tanpa kesulitan, Millens. Tapi, kalau kamu ternyata membutuhkan visa transit atau stempel paspor tertentu, persiapkan dulu ya kalau mau keluar bandara.

Cek peta, transportasi umum, dan lain-lain

Kalau kamu bisa keluar pas periode transit penerbangan tanpa ada masalah keimigrasian, cek deh peta tempat bandaramu ke wilayah kota yang pengin kamu tuju, lengkap dengan transportasi umum yang bisa kamu gunakan ke sana. Jadi, setidaknya kamu nggak kebingungan atau menghabiskan waktu terlalu lama hanya untuk mencapai tujuan.

Cek juga tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi seperti taman, tempat makan, atau hal lain. Jadi, kamu benar-benar sudah bisa memaksimalkan waktu transit yang singkat dengan efektif, deh.

Gimana, sudah terpikir untuk keluar bandara pas penerbangan sedang transit, Millens. Pastikan untuk memperhatikan hal-hal yang disebutkan sebelumnya, ya? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT