BerandaHits
Rabu, 26 Des 2023 17:34

Pelaku Usaha Lokal di IKN Bakal Diutamakan, Izin Dipermudah

Para pelaku usaha lokal bakal memperoleh izin bisnis dengan mudah di IKN. (dok. iNews)

Pemerintah berjanji bakal mempermudah izin bagi para pelaku usaha di Ibukota Nusantara (IKN). Pasalnya, pemerintah pengin pelaku usaha menjadi aktor utamanya.

Inibaru.id – Keberpihakan terhadap pelaku usaha lokal memang harus diutamakan. Hal ini pun yang bakal dilakukan di Ibukota Nusantara (IKN) nanti.

Jadi, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan bahwa pelaku usaha lokal di IKN harus menjadi pilar utama dalam menggerakkan ekonomi di wilayah tersebut. Bambang Susantono, Kepala Otoritas IKN menyatakan bahwa regulasi telah dirancang untuk memberikan tekanan pada pajak bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal.

“Regulasi kita sudah menekan pajak bagi para pelaku UKM lokal. Hal ini dimaksudkan agar para pelaku usaha lokal ini menjadi aktor utama dalam penggerak ekonomi di Nusantara,” ujar Bambang Susantono dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Tujuan dari langkah ini adalah agar pelaku usaha lokal dapat menjadi aktor utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Nusantara.

Bambang juga menekankan bahwa pemerintah telah menyediakan kemudahan berinvestasi bagi UKM lokal, yang menjadi perhatian utama dalam ekosistem ekonomi Nusantara. Dia menyoroti pentingnya Nusantara sebagai kota layak huni yang harus menyediakan kawasan atraksi sosial yang mencakup berbagai kebutuhan masyarakat.

Produk UKM di IKN diproyeksikan masuk pasar ritel dan ekspor. (Adi Kade/Pusaranmedia)

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, BSH Community Hub di Kawasan IKN diumumkan sebagai proyek groundbreaking. BSH Community Hub diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan sosial, termasuk perhotelan, restoran, apartemen, dan pusat jajanan/makanan di Nusantara.

Komisaris Utama PT Karya BSH Mandiri, Haryadi menjelaskan bahwa proyek ini akan dilaksanakan dalam dua tahap dengan nilai investasi total sebesar Rp370 miliar. Tahap pertama melibatkan pembangunan Hotel BSH Qubika Bintang 3, gedung pertemuan, dan Restoran Kampung Kecil. Nilai investasi Tahap 1 mencapai Rp140 miliar.

“Nilai investasi PT Karya BSH Mandiri untuk proyek di IKN ini nantinya berjumlah Rp370 Miliar dengan pembagian di dua tahap. Kami juga berharap mampu menyelesaikan proyek ini sebelum 17 Agustus 2024,” ujar Haryadi.

Sementara itu, tahap kedua, dengan nilai investasi Rp230 miliar, akan mencakup pembangunan apartemen dan food court.

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi terhadap langkah PT Karya BSH Mandiri dalam membangun pusat komunitas di Nusantara.

Dalam mendukung UKM lokal, Presiden juga memastikan kemudahan pajak dan izin untuk mereka. Diversifikasi ekonomi diwakili oleh pembangunan hotel bintang 3, dan Presiden berharap agar tidak hanya perusahaan besar yang berinvestasi di wilayah tersebut.

Semoga ya pengutamaan pengusaha lokal di IKN ini bukan cuma wacana ya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT