BerandaHits
Senin, 6 Okt 2024 09:41

Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending

Banyak Gen Z dan milenial yang melakukan doom spending. (Soa-edu)

Daripada khawatir dengan masa depan yang nggak pasti meski sudah menabung, banyak Gen Z dan milenial yang akhirnya doom spending alias belanja semaunya.

Inibaru.id ­– Sudah jadi rahasia umum jika generasi milenial dan Gen Z kesulitan untuk menabung. Alasannya macam-macam dari sulitnya mencari pendapatan yang stabil, menjadi generasi sandwich untuk keluarganya, hingga semakin mahalnya harga barang-barang, termasuk properti rumah dan tanah. Saking sudah pasrahnya melihat berbagai kesulitan ini, pada akhirnya mereka memilih untuk melakukan doom spending.

Memangnya, apa sih doom spending itu? Penjelasannya begini, Millens. Banyak generasi milenial atau gen Z yang mengaku sangat kesulitan untuk membeli rumah. Nggak percaya? Tanyakan ke para pekerja dengan gaji UMR kabupaten di banyak daerah yang kebingungan bagaimana cara untuk membeli rumah yang paling murah Rp200 jutaan.

Nah, karena merasa pasrah dan nggak yakin bisa membeli rumah, akhirnya mereka memilih untuk nggak menabung dan justru membeli hal lain yang bisa menyenangkan mereka. Contoh yang paling jelas, beli tiket konser musikus atau idol K-Pop yang datang ke Indonesia.

Banyak juga yang memilih untuk jalan-jalan ke luar negeri, main ke kafe dengan teman-teman, atau wisata kuliner di banyak tempat. Intinya sih, meski jadi susah menabung, yang penting bisa mendapatkan selt reward gitu.

Banyak anak muda memilih untuk nonton konser meski nggak punya tabungan. (Kompas/Priyambodo)

Hal ini diungkap dalam sebuah survey Sky News yang dipublikasikan oleh Kompas pada Senin (30/9/2024). Dari survei tersebut, terungkap bahwa 35 persen Gen Z dan 43 persen milenial melakukan doom spending. Alasannya sederhana, mereka hanya pengin merasa lebih baik dan bisa merasakan hasil jerih payahnya alih-alih mengkhawatirkan masa depan.

Hal lain yang bikin mereka sering melakukannya adalah gara-gara generasi tersebut kerap aktif di media sosial dan sering melihat berita-berita buruk yang membuat mereka sadar betapa sulitnya masa depan yang akan mereka hadapi. Kalau menurut CNBC, 96 persen penduduk AS merasakannya dan akhirnya memilih untuk menghabiskan 25 persen dari pendapatan bulanannya untuk mengatasi stres tersebut dengan cara melakukan doom spending.

Meski keputusan untuk berbelanja tanpa memikirkan masa depan ini bisa dimengerti karena bisa membuat mereka jadi merasakan hasil jerih payahnya. Tapi yang namanya anak muda tetap saja sebaiknya mampu menyisihkan uang untuk menabung, ya? Soalnya, terkadang kita juga memerlukan sejumlah uang untuk beberapa keperluan yang mendadak dan nggak terencana.

Oleh karena itulah, kalau kamu juga sering melakukan doom spending, ada baiknya mulai menata kembali pengeluaran agar nggak benar-benar habis nggak tersisa setiap bulan. Senang-senang boleh, tapi jangan sampai lupa menabung, Millens, setuju? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Rampcheck DJKA Rampung, KAI Daop 4 Semarang Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Jelang Nataru

4 Des 2025

SAMAN; Tombol Baru Pemerintah untuk Menghapus Konten, Efektif atau Berbahaya?

4 Des 2025

Ketua DPRD Jateng Sumanto Resmikan Jalan Desa Gantiwarno, Warga Rasakan Perubahan Nyata

4 Des 2025

Cara Bikin YouTube Recap, YouTube Music Recap, dan Spotify Wrapped 2025

5 Des 2025

Data FPEM FEB UI Ungkap Ribuan Lulusan S1 Putus Asa Mencari Kerja

5 Des 2025

Terpanjang dan Terdalam; Terowongan Bawah Laut Rogfast di Nowegia

5 Des 2025

Jaga Buah Hati; Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai hingga Awal 2026!

5 Des 2025

Gajah Punah, Ekosistem Runtuh

5 Des 2025

Bantuan Jateng Tiba di Sumbar Setelah 105 Jam di Darat

5 Des 2025

Warung Londo Warsoe Solo, Tempat Makan Bergaya Barat yang Digemari Warga Lokal

6 Des 2025

Forda Jateng 2025 di Solo, Target Kormi Semarang: Juara Umum Lagi!

6 Des 2025

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Akan Melintas Genangan Banjir

6 Des 2025

Tiba-Tiba Badminton; Upaya Cari Keringat di Tengah Deadline yang Ketat

6 Des 2025

Opak Angin, Cemilan Legendaris Solo Khas Malam 1 Suro!

6 Des 2025

Raffi Ahmad 'Spill' Hasil Pertemuan dengan Ahmad Luthfi, Ada Apa?

6 Des 2025

Uniknya Makam Mbah Lancing di Kebumen, Pusaranya Ditumpuk Ratusan Kain Batik

7 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: