BerandaHits
Senin, 6 Okt 2024 09:41

Pasrah Melihat Masa Depan, Gen Z dan Milenial Lebih Memilih Doom Spending

Banyak Gen Z dan milenial yang melakukan doom spending. (Soa-edu)

Daripada khawatir dengan masa depan yang nggak pasti meski sudah menabung, banyak Gen Z dan milenial yang akhirnya doom spending alias belanja semaunya.

Inibaru.id ­– Sudah jadi rahasia umum jika generasi milenial dan Gen Z kesulitan untuk menabung. Alasannya macam-macam dari sulitnya mencari pendapatan yang stabil, menjadi generasi sandwich untuk keluarganya, hingga semakin mahalnya harga barang-barang, termasuk properti rumah dan tanah. Saking sudah pasrahnya melihat berbagai kesulitan ini, pada akhirnya mereka memilih untuk melakukan doom spending.

Memangnya, apa sih doom spending itu? Penjelasannya begini, Millens. Banyak generasi milenial atau gen Z yang mengaku sangat kesulitan untuk membeli rumah. Nggak percaya? Tanyakan ke para pekerja dengan gaji UMR kabupaten di banyak daerah yang kebingungan bagaimana cara untuk membeli rumah yang paling murah Rp200 jutaan.

Nah, karena merasa pasrah dan nggak yakin bisa membeli rumah, akhirnya mereka memilih untuk nggak menabung dan justru membeli hal lain yang bisa menyenangkan mereka. Contoh yang paling jelas, beli tiket konser musikus atau idol K-Pop yang datang ke Indonesia.

Banyak juga yang memilih untuk jalan-jalan ke luar negeri, main ke kafe dengan teman-teman, atau wisata kuliner di banyak tempat. Intinya sih, meski jadi susah menabung, yang penting bisa mendapatkan selt reward gitu.

Banyak anak muda memilih untuk nonton konser meski nggak punya tabungan. (Kompas/Priyambodo)

Hal ini diungkap dalam sebuah survey Sky News yang dipublikasikan oleh Kompas pada Senin (30/9/2024). Dari survei tersebut, terungkap bahwa 35 persen Gen Z dan 43 persen milenial melakukan doom spending. Alasannya sederhana, mereka hanya pengin merasa lebih baik dan bisa merasakan hasil jerih payahnya alih-alih mengkhawatirkan masa depan.

Hal lain yang bikin mereka sering melakukannya adalah gara-gara generasi tersebut kerap aktif di media sosial dan sering melihat berita-berita buruk yang membuat mereka sadar betapa sulitnya masa depan yang akan mereka hadapi. Kalau menurut CNBC, 96 persen penduduk AS merasakannya dan akhirnya memilih untuk menghabiskan 25 persen dari pendapatan bulanannya untuk mengatasi stres tersebut dengan cara melakukan doom spending.

Meski keputusan untuk berbelanja tanpa memikirkan masa depan ini bisa dimengerti karena bisa membuat mereka jadi merasakan hasil jerih payahnya. Tapi yang namanya anak muda tetap saja sebaiknya mampu menyisihkan uang untuk menabung, ya? Soalnya, terkadang kita juga memerlukan sejumlah uang untuk beberapa keperluan yang mendadak dan nggak terencana.

Oleh karena itulah, kalau kamu juga sering melakukan doom spending, ada baiknya mulai menata kembali pengeluaran agar nggak benar-benar habis nggak tersisa setiap bulan. Senang-senang boleh, tapi jangan sampai lupa menabung, Millens, setuju? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: