BerandaHits
Senin, 23 Jun 2024 13:06

Nggak Bocor Tapi Air Radiator Cepat Habis? Mungkin Ini Sebabnya!

Air radiator mobil cepat habis. (Gardaoto)

Ternyata, ada sejumlah penyebab air radiator cepat habis selain bocor. Kalau mobilmu mengalaminya, segera cek bagian-bagian berikut ini, ya?

Inibaru.id – Salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil adalah radiator. Maklum, tanpa adanya radiator, mesin mobil bakal kesulitan untuk mempertahankan suhunya agar nggak kepanasan. Nah, agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik, air radiator mobil tentu harus rutin diisi.

Namun, terkadang air radiator cepat habis meski kamu nggak sering-sering memakai mobil. Kalau sudah begitu, tentu bikin bingung, ya? Apakah hal ini menandakan ada yang bocor pada saluran air radiator?

Meskipun terlihat mencurigakan, pakar mobil dari Nissan Bintaro, Jakarta bernama Ibrohim menyebut air radiator cepat habis belum tentu menandakan bahwa ada yang bocor pada sistem pendingin mesin.

Terkadang ada ketidaknormalan pada sistem pendingin mesin. Sebagai contoh motor fan-nya lemah sehingga air radiator jadi mudah panas dan mendidih. Nantinya air tersebut bakal menguap dan akhirnya membuat pasokan air radiator jadi cepat habis,” terang Ibrohim sebagaimana dinukil dari Kompas, Jumat (21/6/2024).

Ada beberapa penyebab air radiator mesin mobil habis. (Suzuki.co.id)

Penjelasannya begini, tatkala mesin mobil menyala, maka suhunya bakal meningkat. Air radiator yang sudah berada di blok mesin kemudian mendidih. Saat seharusnya air ini bersirkulasi, yang terjadi justru menguap karena panas tersebut.

Air radiator yang tersisa kemudian masuk ke bagian tangki reservoir. Di sana, suhu yang panas bikin airnya menguap lagi. Hal itulah yang kemudian membuat jumlah air yang dikirim dari tabung radiator nggak bersirkulasi dan akhirnya jadi berkurang drastis, deh.

“Kondisi serupa juga bisa terjadi kalau terjadi pemampatan pada saluran radiator. Walau ga ada kebocoran apapun pada salurannya, air radiator pun bakal cepat berkurang,” lanjut Ibrohim.

Selain dua penyebab di atas, ada hal lain yang bisa bikin air radiator cepat habis, yaitu jika di dalam mesin, tepatnya pada bagian cylinder head terjadi pelengkungan. O ya, hal serupa juga bisa disebabkan oleh keroposnya komponen pada bagian mesin tersebut.

“Kalau cylinder head melengkung, air radiator malah masuk ke bagian ruang bakar atau ruang oli. Hal yang sama bisa terjadi jika water jacket yang ada dalam blok mesin keropos,” ungkap pakar kendaraan bermotor lainnya, Iwan.

Yang pasti, kalau kamu merasa air radiator mobil cepat habis dan curiga jika terjadi masalah, nggak ada salahnya memeriksakan mobilmu ke bengkel. Jadi, kamu nggak akan mengalami masalah yang lebih parah di kemudian hari, Millens. Setuju? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT