BerandaHits
Senin, 23 Jun 2024 13:06

Nggak Ada Salahnya Ikut Healing Trip untuk Kesehatan Jiwamu

Ilustrasi: Healing trip. (njulnjulnjul.blogspot)

Ada istilah perjalanan baru yang perlu kamu pelajari, Millens. Namanya healing trip dan kabarnya bisa bikin kesehatan mentalmu membaik. Memangnya, seperti apa sih trip yang satu ini?

Inibaru.id – Ada banyak jenis trip atau perjalanan yang bisa kamu pilih. Tapi, belakangan ini ada satu yang cukup menarik perhatian. Healing trip namanya. Kalau diartikan, bisa dianggap sebagai perjalanan untuk pemulihan.

Pemulihan ini lebih ke sisi psikologis ya, Millens. Jadi, kalau kamu sedang stres, sedih karena ditinggal orang dekat, atau terkena masalah lain, tentu bakal membutuhkan sesuatu yang bisa membuatmu merasa lebih berharga, nyaman, atau menikmati kehidupan kembali. Nah, untuk bisa kembali membangkitkan hal tersebut, kamu bisa lo mengikuti healing trip.

Pasalnya, nggak hanya bakal membuatmu melihat tempat baru atau merasakan perjalanan yang menyenangkan, healing trip bisa jadi kamu bisa menemukan teman-teman yang juga melakukan perjalanan serupa dan akhirnya menemukan support system deh.

Hal inilah yang diungkap Ketua Lembaga M.Eureka Psychology Consultant Meity Arianty. Perempuan yang juga merupakan psikolog ini membeberkan manfaat mengikuti healing trip bagi siapa saja.

“Bisa menurunkan tingkat stres sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidup,” terang Meity sebagaimana dilansir dari Kompas, Jumat (21/6/2024).

Memangnya, seperti apa sih dampak healing trip bagi kamu. Terkait dengan ini, hal pertama yang bakal kamu dapatkan adalah turunnya tingkat stres, sesuatu yang dialami banyak orang, namun disepelekan meski dampaknya terhadap kesehatan psikologis nggak main-main.

Healing trip bisa bikin kesehatan psikis membaik. (Studioantelope)

Stres bisa didapat dari banyak hal seperti pekerjaan, keluarga, harapan orang tua, hingga hal-hal lain yang nggak diduga seperti media sosial atau bahkan kemacetan lalu lintas. Yang pasti, jika stres sudah melanda hidupmu, kamu bisa merasa nggak bahagia.

Dengan menjalani healing trip, setidaknya tubuhmu mendapatkan jeda dan waktu untuk beristirahat dari berbagai hal yang bisa bikin kamu stres sebelumnya.

“Kamu bakal mendapatkan suasana yang berbeda dari rutinitas sebelumnya. Kamu pun bisa mendapatkan ketenangan dan kedamaian di hatimu,” ungkap Meity.

Bahkan, dalam banyak kasus, peserta healing trip seperti menemukan hal-hal yang sebelumnya dia cari seperti apa yang pengin dia lakukan. Sebagai contoh, ada yang menemukan hidupnya jadi lebih menarik setelah melakukan trip dan jadi kepengin berkunjung ke tempat lain. Ada yang menemukan kedamaian saat melihat suatu tempat dan akhirnya jadi lebih relijius, atau bahkan ada yang pengin menjajal sebuah usaha untuk mengubah nasibnya yang selama ini menjadi karyawan.

Lebih dari itu, banyak peserta healing trip yang akhirnya menyadari jika dia membutuhkan bantuan psikolog dan akhirnya benar-benar meminta bantuan. Dengan berkonsultasi, kesehatan psikis mereka akhirnya membaik dan bisa mendapatkan kembali makna hidup yang sempat hilang.

Melihat fakta ini, nggak usah ragu kok melakukan healing trip jika merasa perlu. Ini semua demi kesehatan mental yang lebih baik, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT