BerandaHits
Kamis, 28 Agu 2024 15:59

Mulai 1 September 2024 KA Banyubiru Berhenti di Stasiun Alastua

KA Banyubiru bakal menaikturunkan penumpang di Stasiun Alastua mulai 1 September 2024. (Kalogistick)

Mulai 1 September 2024, KA Banyubiru akan menambah pemberhentian di Stasiun Alastua, Kota Semarang untuk meningkatkan layanan dan mempermudah akses transportasi massal di Jawa Tengah.

Inibaru.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang kembali meningkatkan layanan KA Banyubiru dengan menambah pemberhentian di Stasiun Alastua, Kota Semarang, mulai 1 September 2024. Langkah ini diambil setelah sebelumnya menambah stasiun pemberhentian di Stasiun Telawa, Kabupaten Boyolali.

Menurut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, KA Banyubiru sebelumnya hanya melayani naik turun penumpang di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Brumbung, Telawa, Karangsono, Gundih, Salem, dan Solo Balapan.

Dengan adanya tambahan pemberhentian di Stasiun Alastua, masyarakat di wilayah Genuk dan Semarang Timur kini memiliki akses yang lebih mudah untuk menuju Solo menggunakan kereta api.

“Mulai hari Minggu besok tanggal 1 September 2024 KA Banyubiru menambah pemberhentian untuk naik turun penumpang di Stasiun Alastua. Bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah Genuk maupun wilayah Semarang Timur dan sekitarnya yang ingin menuju Solo menggunakan kereta api, kini dapat menggunakan KA Banyubiru,” jelasnya.

Dengan beroperasinya KA Banyubiru diharapkan menambah antusiasme masyarakat menggunakan kereta api. (Detik)

KA Banyubiru menawarkan dua perjalanan pulang pergi setiap hari, dengan kelas pelayanan eksekutif-ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk dan eksekutif-bisnis dengan 342 tempat duduk. Tiket dapat dibeli dengan harga mulai Rp80.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp40.000 untuk kelas bisnis serta ekonomi. Perjalanan dari Semarang ke Solo atau sebaliknya memakan waktu sekitar 2 jam 2 menit hingga 2 jam 16 menit.

Masyarakat yang ingin berangkat dari Stasiun Alastua dapat memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI. Penambahan stasiun pemberhentian ini adalah bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat.

"Penambahan jumlah pemberhentian stasiun pada perjalanan KA Banyubiru ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya untuk mengakomodir masyarakat yang ingin bertransportasi menggunakan jasa angkutan kereta api," ungkap Franoto.

Jadwal keberangkatan KA Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng ke Stasiun Solo Balapan adalah pukul 07.50 dan 20.45 WIB, dengan Stasiun Alastua sebagai pemberhentian pada pukul 08.02 WIB. Sedangkan dari Solo Balapan menuju Semarang Tawang Bank Jateng, KA Banyubiru berangkat pukul 10.40 dan 17.15 WIB, dengan pemberhentian di Alastua pada pukul 12.32 WIB.

“Semoga dengan penambahan jumlah stasiun pemberhentian KA Banyubiru ini dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi massal kereta api, sekaligus dapat meningkatkan mobilitas serta perekonomian masyarakat di wilayah Jawa Tengah,” tutup Franoto.

Wah, bertambah lagi nih kereta yang naik turun di Alastua. Makin banyak pilihan, penumpang makin senang memilih transportasi. (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT