BerandaHits
Minggu, 6 Apr 2024 17:40

Mudik ke Jogja? Ketahui Dulu Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Malioboro

Ilustrasi: Rekayasa lalu lintas di Jalan Malioboro. (Medcom)

Mengingat kawasan Malioboro diperkirakan bakal dipadati pengunjung, petugas bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut demi mencegah terjadinya kemacetan panjang. Seperti apa ya rekayasa lalu lintas tersebut selama Lebaran nanti?

Inibaru.id – Kamu mudik ke Jogja, Millens? Pasti nggak akan melewatkan kesempatan untuk mampir ke kawasan Jalan Malioboro, ya? Tapi, kamu harus tahu kalau pada masa Lebaran nanti bakal ada rekayasa lalu lintas di Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Tugu Yogyakarta.

Rekayasa lalu lintas ini diungkap oleh Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Maryanto. Hal ini dianggap perlu dilakukan karena DIY diprediksi bakal didatangi lebih dari 11,7 juta wisatawan pada musim Lebaran tahun ini.

“Rekayasa lalu lintas akan disiapkan di jalur Malioboro karena kawasan tersebut adalah ikon wisata Yogyakarta,” ungkap Kompol Maryanto sebagaimana dilansir dari Joglojateng, Jumat (5/4/2024).

Rekayasanya seperti ini, Millens. Jika arus lalu lintas di Jalan Malioboro lancar, maka jalan dari arah Jalan Mataram, Kleringan, dan Abu Bakar Ali bakal tetap berfungsi seperti biasanya. Beda cerita jika arus lalu lintas di Jalan Malioboro padat lancar, maka bakal dilakukan rekayasa di Simpang Gardu Anim, tepatnya dengan mengalihkannya lurus menuju ke Jalan Pasar Kembang.

“Jadi kepadatan di Malioboro bisa dikendalikan karena arus kendaraan yang masuk hanya dari Jalan Mataram,” lanjutnya.

Saat libur Lebaran, kawasan Malioboro biasanya macet. (Jogjaaja/Tyo)

Lebih dari itu, dari H-5 sampai H+5 Lebaran, bakal digelar Car Free Night di Jalan Malioboro. Alasannya agar para wisatawan bisa menikmati kawasan tersebut bebas dari kendaraan dan berjalan kaki sepuasnya.

“Nantinya, Car Free Night bakal digelar dari pukul 18.00 sampai 21.00 WIB,” terang Kompol Maryanto.

Karena diperkirakan bakal banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati suasana Car Free Night di Malioboro, kantong-kantong parkir pun disiapkan sebagai tempat kendaraan roda empat ataupun roda dua yang dibawa para pengunjung.

Kalau menurut Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto, sejumlah lokasi parkir tepi jalan yang disiapkan adalah di Jalan Margo Utomo, Ketandan, Perwakilan, Beskalan, Pajeksan, Reksobayan, Secodiningratan, Jalan Mataram, dan Jalan Bhayangkara.

“Ada juga tempat parkir di TKP Senopati, Ngabean, Sriwedani, Limaran, Malioboro 2 Selatan Beringharjo, Malioboro 1 Abu Bakar Ali, Malioboro 3 Ketandan, dan TKP Beskalan,” ungkap Golkari.

Terkait tariff parkir, Pemkot Yogyakarta dan Pemprov DIY memastikan kalau tarifnya akan progresif. Tiga jam pertama tarif parkir mobil adalah Rp5000. Untuk setiap jam berikutnya, kamu harus kembali membayar Rp2.500. Sementara, parkir sepeda motor adalah Rp2.000 untuk tiga jam pertama dan untuk setiap jam berikutnya bakal dikenakan Rp1.500.

Kalau ada yang menerapkan biaya parkir lebih mahal dari aturan tersebut, kamu bisa lo melaporkannya ke nomor 0813 2909 3669, Millens.

Gimana, sudah siap mudik ke Jogja dan menikmati keindahan kawasan Malioboro, Millens? Selamat liburan Lebaran, ya? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT