BerandaHits
Rabu, 18 Jun 2024 16:05

Menilik Musala Mirip Ka'bah di Trangkil, Pati

Musala mirip Ka'bah di Trangkil, Pati. (Seputarmuria)

Di Trangkil, Pati, ada musala mirip Ka'bah. Bentuknya yang unik bikin banyak orang tertarik untuk datang dan beribadah di sana. Bahkan, ada anak SD yang sampai tawaf mengelilinginya, lo.

Inibaru.id – Dalam beberapa pekan belakangan, kamu pasti sering melihat foto atau video Ka'bah yang ada di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Maklum, di sana sedang dilaksanakan rangkaian ibadah haji oleh jutaan umat Islam dari seluruh dunia.

Bagi kamu yang belum pernah haji atau umrah, pasti pengin banget kan ya melihat langsung Ka'bah di tempatnya berdiri. Tapi, kalau memang belum diberi kesempatan untuk mendatanginya, nggak ada salahnya lo menengok replika Ka'bah yang ada di Indonesia. Salah satunya bisa kamu lihat dalam bentuk sebuah musala yang ada di Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil, Pati, Jawa Tengah.

Nama musala mirip Ka'bah itu adalah Musala Nur Iksan dan berdiri di sebuah tanah wakaf yang dimiliki Aris Solikin. Menurut cerita laki-laki berusia 42 tahun ini dia mendirikan musala tersebut untuk mematuhi permintaan Kiai Muhammad Ibrahim Al-Majid, pengasuhnya saat mondok di Pesantren Nur Ihsan, Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Rembang.

“Bisa dikatakan tempat ini adalah cabang dari Yayasan Nur Ihsan yang ada di Rembang. Oleh Pak Kiai, santrinya yang mewakafkan tanah diminta untuk membangun musala dengan bentuk Ka'bah. Alasannya agar yang melihat atau beribadah di sini bisa mengingat Allah dan bisa ke Baitullah,” ucapnya sebagaimana dilansir dari Betanews, Minggu (16/6/2024).

Di musala ini, tersedia tempat untuk anak autis beraktivitas dan belajar. (Rri/Agus Pambudi)

Musala ini mulai dibangun pada Januari 2024. Selain mewakafkan tanah sebagai tempat berdirinya musala, Aris menyediakan dana dan membuka donasi dari warga sekitar. Meski bentuk bangunan musala dengan ukuran 6x6 meter ini sudah terlihat menyerupai Kakbah, musala ini sebenarnya belum benar-benar selesai.

“Sudah habis anggaran sekitar Rp100 juta, belum selesai semuanya seperti pagar, AC, dan penyedot udara,” lanjutnya.

Meski begitu, musala ini sudah dibuka untuk umum beberapa hari setelah Lebaran 2024. Sesuai dengan prediksinya, banyak yang tertarik dan mampir baik itu untuk salat atau sekadar foto-foto. Bahkan, sudah ada anak SD yang keliling tawaf di sana.

"Di sini setiap Jumat ada kegiatan mengaji. Tersedia juga tempat aktivitas dan belajar bagi anak autis," ungkap salah seorang warga setempat bernama Sri Legi Lestari sebagaimana dilansir dari Rri, (3/6).

Ide untuk membangun musala dengan bentuk mirip Ka'bah memang cukup brilian ya, Millens. Di samping bentuknya yang lain dari musala pada umumnya, hal ini bikin banyak orang tertarik untuk datang dan beribadah. Omong-omong, kamu tertarik nggak nih mendatangi musala ini? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT