BerandaHits
Rabu, 24 Sep 2024 14:00

Mengenal Fitur Location Sharing di Google Maps yang Jarang Dipakai

Fitur 'Sharing Location' di Google Maps. (Imyfone)

Sedang jalan iring-iringan dengan banyak kendaraan dan nggak pengin terpisah atau nyasar? Gunakan saja fitur Location Sharing di Google Maps!

Inibaru.id – Kamu bisa baca Google Maps nggak, Millens? Berkat aplikasi yang satu ini, kita jadi nggak kesulitan untuk mencari alamat, memperkirakan jarak satu tempat dengan tempat lain, atau mencari solusi pilihan transportasi untuk menuju suatu tempat. Tapi, kepikiran nggak kalau manfaat Google Maps lebih besar dari itu?

Nah, salah satu fitur yang jarang diketahui di aplikasi tersebut adalah Location Sharing di Google Maps. Lantas, buat apa sih fitur ini? Usut punya usut, ternyata hal ini cocok digunakan kalau kita sedang melakukan perjalanan dengan teman atau keluarga memakai kendaraan yang berbeda atau kerap disebut iring-iringan.

Yang namanya melakukan perjalanan dengan beda kendaraan, nggak bisa terus-menerus bebarengan karena faktor lalu-lintas, lampu merah yang nggak bisa diprediksi nyalanya, atau salah satu kendaraan perlu mampir ke SPBU dan tempat lain.

Kamu bisa kok mencari fitur yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai ‘Berbagi Lokasi’ ini setelah memencet foto profilmu di Google Maps yang ada di ponselmu. Pastikan saja kamu terus menyalakannya. Asal baterai ponselmu dalam kondisi bagus dan punya kuota internet yang banyak, ya! Lebih dari itu, kamu juga perlu menyalakan Lokasi/Location di ponselmu demi memastikan di mana posisimu secara presisi lewat GPS.

Fiturnya mudah digunakan siapa saja. (Imyfone)

Dengan memakai fitur ini, maka kamu pun bisa mengecek di mana posisimu dan di mana posisi kendaraan lain yang dipakai teman atau keluargamu. Jika ternyata jarak di antara kedua kendaraan cukup jauh, maka kamu pun bisa berhenti dulu atau menghubungi mereka untuk bertemu di satu titik agar bisa kembali barengan.

Kalau lagi iring-iringan jalan atau janjian dengan teman, ini bisa dipakai untuk ikut rutenya atau lihat lokasinya,” tulis salah seorang pemerhati teknologi di media sosial X di akun @zakwanoe pada Kamis (19/9/2024).

Wah, fitur ini bakal sangat membantu karena kita jadi nggak perlu sering-sering menghubungi kontak teman atau keluarga yang ada di kendaraan lain saat iring-iringan, ya? Tinggal cek aplikasi Google Maps, sudah bisa mengecek mereka. Nggak ribet, deh.

Gimana, tertarik untuk mencoba fitur Location Sharing di Google Maps ini, Millens? Semoga bermanfaat ya! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT