BerandaHits
Senin, 7 Apr 2024 13:00

Mengapa Uban Bikin Kepala Gatal?

Uban bikin rambut gatal. (iStockphoto/Alina Humeniuk)

Banyak orang mengeluhkan uban bikin kepala gatal. Kok bisa ya seperti itu? Lantas, apa ada solusi untuk mengatasinya?

Inibaru.id – Sadar nggak kalau kini semakin banyak orang berusia 20-an akhir atau 30-an yang ubanan? Nggak hanya bikin kepercayaan diri jadi menurun karena semakin banyak rambut yang memutih layaknya orang tua, ada hal lain yang bikin nggak nyaman dari uban, yaitu munculnya sensasi gatal di kepala. Nah, kamu pernah kepikiran nggak mengapa uban bikin kepala gatal?

Terkait dengan pertanyaan ini, situs WebMD punya jawabannya, Millens. Uban ternyata memang bisa bikin kepala gatal karena kondisi rambut dan kulit kepala saling berkaitan. Jadi begini, kutikula pada rambut yang beruban cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan kutikula pada rambut dengan warna aslinya.

Karena perbedaan kondisi ini, rambut beruban pun jadi lebih kering kondisinya jika dibandingkan dengan rambut normal. Karena mengalami penurunan kadar minyak alami rambut, kulit kepala pada rambut yang beruban jadi rentan mengalami iritasi. Akhirnya, bikin rambut jadi terasa gatal, deh.

Oleh karena itulah, pakar kesehatan menyarankan siapa saja untuk mulai memberikan perhatian lebih kepada perawatan rambut jika uban sudah mulai muncul. Pasalnya, bagian rambut yang beruban harus dijaga kelembapannya dan ditata dengan lebih cermat. Kalau nggak, maka rambut tersebut bakal jadi lebih kering, lebih mudah patah, sekaligus terasa kasar.

Mencabut uban bikin rasa gatal semakin terasa

Jika dicabut, uban bakal terasa lebih gatal. (Freepik)

Karena rasa gatal pada rambut beruban terkadang bikin nggak tahan, banyak orang yang akhirnya memilih untuk mencabut uban. Padahal, hal ini justru bisa bikin rasa gatal jadi semakin nggak karuan. Kok, bisa?

Jadi begini, menurut penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Arkansas for Medical Sciences (UAMS Health) Amerika Serikat, jika kamu mencabut uban, maka folikel rambut tempat rambut tersebut berada akan terluka. Jika sampai muncul infeksi, maka rasa gatal malah jadi semakin terasa.

Lebih dari itu, karena folikel rambut terlanjur rusak karena dicabut paksa, nggak akan ada lagi rambut yang mau tumbuh pada folikel rambut tersebut, deh. Nah, kalau kamu sering mencabut uban, bisa-bisa malah berujung pada kebotakan.

Lantas, harus bagaimana dong demi mengatasi kepala gatal karena rambut beruban? Kalau soal ini, ada baiknya kamu mulai memakai produk perawatan rambut yang sudah dilengkapi dengan pelembap layaknya minyak zaitun, sorbitol, dan lain-lain. Menggunakan sampo dan kondisioner juga direkomendasikan. Tapi, pastikan untuk nggak memakai sampo setiap hari ya agar rambut dan kulit kepalamu nggak terlalu kering.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah rutin menyisir rambut sebelum tidur agar minyak alami yang diproduksi kulit kepala bisa menyebar dengan merata, termasuk ke bagian rambut yang memutih. Lebih dari itu, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan sehat seperti alpukat dan ikan salmon yang bisa bikin kulit kepala dan rambut jadi lebih sehat, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT