BerandaHits
Senin, 17 Mar 2024 09:20

Manfaat Tidur dengan Pintu Kamar Terbuka

Tidur dengan pintu kamar terbuka. (otcdigest)

Tidur dengan pintu kamar terbuka rasanya kurang privasi dan nggak aman, ya? Tapi, menurut para pakar kesehatan, hal ini justru bisa bermanfaat lo. Apa saja sih manfaatnya?

Inibaru.id – Kalau kamu tinggal di rumah, bukannya tinggal di kamar kos, pasti terbiasa untuk menutup pintu kamar tidur saat sedang tidur malam atau saat pengin mendapatkan privasi melakukan sejumlah hal. Tapi, pernah nggak kamu tidur dengan pintu kamar terbuka?

Selain terlihat mengurangi privasi, tidur dengan kamar terbuka tentu terasa nggak aman dan nyaman, ya? Tapi, menurut sejumlah pakar, kamu bisa memilih opsi ini jika pengin tidur dengan lebih nyenyak. Hal inilah yang diungkap Rebecca Swain dari Winston Beds.

“Banyak orang yang nggak menyadari hal ini. Tapi dengan membuka pintu kamar tidur, setidaknya suhu udara di kamarmu jadi lebih nyaman. Kamu juga bisa menghilangkan rasa terkurung saat beristirahat di ruangan yang kecil,” ungkap Swain sebagaimana dilansir dari Tom’s Guide, Selasa (12/3/2024).

Jadi begini, menurut pakar kesehatan, suhu udara yang ideal bagi kita untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah sekitar 20 sampai 25 derajat Celcius. Bahkan, Swain menyebut suhu udara yang sedikit lebih rendah, yaitu 17 sampai 19 derajat Celcius, juga baik untuk mereka yang pengin mendapatkan waktu istirahat yang optimal.

Soalnya, dengan suhu udara yang sejuk, kamu nggak akan merasa gerah atau berkeringat. Kalau kamu kepanasan dan merasakan sensasi tersebut, bisa jadi waktu tidurmu jadi nggak optimal. Kamu bakal sering terbangun karena measa nggak nyaman.

Banyak manfaat dari tidur dengan pintu kamar terbuka. (Akurat.co)

Memang, kamu bisa memakai AC atau kipas angin untuk mengatasi suhu panas tersebut. Tapi, bagaimana jika kamu nggak memiliki peralatan elektronik tersebut? Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuka pintu kamar.

Jika suhu udara cukup panas dan kamu tetap menutup pintu, maka kadar karbondioksida di dalam kamar tidur bakal bertambah karena sirkulasi udara yang rendah. Dampaknya, hal ini akan membuat suhu kamar jadi semakin panas. Nah, dengan membuka pintu kamar, setidaknya sirkulasi udara jadi lebih lancar, oksigen di dalam kamar juga tetap melimpah sehingga suhu udaranya nggak bikin gerah.

“Kalaupun pengin menutup kamar, kamu bisa membuka jendela agar nggak merasa kepanasan,” saran Swain.

Selain bikin suhu udara jadi lebih sejuk, membuka pintu kamar juga bisa membantumu mengurangi pemicu alergi seperti debu atau jamur. Ingat, kalau sudah sampai bikin alergi, bisa-bisa kamu batuk-batuk atau bersin-bersin semalaman. Kalau sudah begitu, kamu jadi nggak bisa tidur dengan nyenyak, deh.

Oleh karena itulah, nggak ada salahnya kan untuk tidur dengan pintu kamar terbuka, Millens? Gimana, tertarik untuk melakukannya malam ini? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT