inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Sakit Kepala Setelah Tidur Lama?
Senin, 4 Sep 2023 13:16
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Tidur terlalu lama bisa menyebabkan sakit kepala. (shutterstock)

Tidur terlalu lama bisa menyebabkan sakit kepala. (shutterstock)

Terkadang kita merasa pusing atau sakit kepala setelah tidur lama. Apa yang menyebabkan hal ini?

Inibaru.id - Sakit kepala setelah tidur lama adalah pengalaman yang cukup umum dan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Meskipun tidur seharusnya membantu kita merasa segar dan bugar, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala setelah tidur yang panjang.

Tapi apa penyebab utama sakit kepala pasca tidur lama serta bagaimana cara untuk mengatasinya?

Penyebab Sakit Kepala Setelah Tidur Lama

1. Kurangnya Cairan Tubuh

Salah satu penyebab umum sakit kepala setelah tidur lama adalah dehidrasi. Saat kita tidur, tubuh kita tetap mengeluarkan cairan melalui pernapasan dan keringat. Jika tidur lama tanpa minum cukup air, kamu mungkin terbangun dengan sakit kepala akibat dehidrasi.

2. Ritme Sirkadian Terganggu

Tidur berlebihan, terutama tidur berkepanjangan atau tidur terlalu siang, dapat mengganggu ritme sirkadian. Hal ini dapat memicu sakit kepala, yang disebut sebagai "sakit kepala tidur berlebihan."

3. Hipoksia

Tubuh yang kekurangan oksigen bisa menyebabkan sakit kepala atau nyeri dada. (via Tribun Jambi)
Tubuh yang kekurangan oksigen bisa menyebabkan sakit kepala atau nyeri dada. (via Tribun Jambi)

Ini terjadi ketika tubuh nggak mendapatkan cukup oksigen selama tidur. Faktor-faktor seperti kualitas udara dalam ruangan atau masalah pernapasan seperti sleep apnea dapat menyebabkan hipoksia selama tidur, yang kemudian dapat menghasilkan sakit kepala.

4. Stres dan Ketegangan Otot

Meskipun tidur panjang seharusnya mengurangi stres, kadang-kadang kita bisa bangun dengan sakit kepala akibat ketegangan otot leher atau bahu selama tidur.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Tidur Lama

1. Minum Air Secukupnya

Pastikan kamu terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Minum air sebelum tidur dan setelah bangun dapat membantu menghindari dehidrasi.

2. Pertahankan Rutinitas Tidur yang Konsisten

Cobalah untuk menjaga jadwal tidur yang teratur dan hindari tidur berlebihan di akhir pekan. Ini dapat membantu menjaga ritme sirkadian Anda tetap seimbang.

3. Perbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu mengalami gangguan tidur seperti sleep apnea, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

4. Relaksasi dan Latihan Fisik

Praktekkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengurangi stres. Latihan fisik juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot.

Mengalami sakit kepala setelah tidur lama bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan, tetapi kamu bisa kok mengidentifikasi penyebabnya. Hal ini penting agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai, kamu dapat mengurangi risiko sakit kepala pasca tidur panjang.

Selalu penting untuk mendengarkan tubuh kamu dan merawatnya dengan baik untuk menjaga kesehatan dan kualitas tidurmu.

Jika masalah berlanjut atau menjadi lebih serius, sepertinya kamu harus berkonsultasi dengan dokter. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved