BerandaHits
Minggu, 5 Mar 2023 19:09

Cukup Tidur Bikin Panjang Umur

Cukup Tidur Bikin Panjang Umur

Cukup tidur bikin panjang umur. (Pexels via Liputan6)

Orang-orang yang tidur dengan cukup dan menghindari begadang disebut-sebut memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Selain itu, cukup tidur bikin mood dan daya ingat bagus.

Inibaru.id – Tidur memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, waktu tidur yang cukup sangat penting agar manfaatnya dapat diperoleh secara optimal.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat tidur yang penting antara lain:

1.       Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat tidur, tubuh mengeluarkan senyawa sitokin yang berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan jumlah sitokin yang nggak cukup dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit.

2.       Mengendalikan nafsu makan

Dengan tidur cukup nafsu makan tetap terkendali. (Getty image via Detik)
Dengan tidur cukup nafsu makan tetap terkendali. (Getty image via Detik)

Kebutuhan kalori berkurang saat tidur di malam hari. Namun, kurang tidur dapat menurunkan kadar leptin, hormon yang menciptakan rasa kenyang sehingga membuat seseorang mudah lapar dan makan lebih banyak. Ini bisa menyebabkan berat badan susah untuk dikendalikan dan meningkatkan risiko obesitas.

Jadi, kalau kamu saat ini sedang menjalankan program diet, jangan lupa untuk istirahat cukup.

3.       Meningkatkan kesehatan jantung

Dikatakan SCL Health, tidur yang cukup dapat membantu mencegah berbagai risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Sementara itu, kekurangan tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon stres yang dapat membuat jantung bekerja lebih keras.

4.       Meningkatkan mood

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Tidur yang cukup meningkatkan energi sehingga seseorang lebih segar dan bahagia.

5.       Meningkatkan daya ingat

Tidur yang cukup dapat memperkuat daya ingat seseorang. Kekurangan tidur dapat membuat seseorang cenderung mudah lupa terhadap hal-hal yang pernah dialami sebelumnya. Tidur selama tujuh hingga delapan jam dapat melancarkan proses mengingat dan memori.

Eh, ada satu lagi manfaat cukup tidur dilansir Hellosehat (24/5/2021), orang-orang yang terbiasa tidur cukup dan menghindari begadang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi.

Dalam kesimpulannya, tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Diperlukan waktu tidur yang optimal agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal. Mulai sekarang, kurangi begadang yuk biar badan nggak oleng dan panjang umur. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved