BerandaHits
Minggu, 20 Nov 2022 14:54

Susah Tidur Bisa Diatasi dengan Konsumsi Karbohidrat

Susah Tidur Bisa Diatasi dengan Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat bantu tidur lebih cepat. (Shutterstck via Kompas)

Dengan takaran yang pas, karbohidrat bisa bikin gampang mengantuk dan tidur lebih lelap.

Inibaru.id – Bagi sebagian besar orang, bisa tidur nyenyak dan berkualitas bukanlah hal yang mudah. Banyak yang harus berjibaku dengan waktu agar pekerjaan beres. Nggak jarang, orang gampang mengalami stres melanda dan menyebabkan insomnia atau gangguan lainnya.

Tapi, tahu nggak bahwa ada satu kebiasaan yang bisa dilakukan biar tidur lebih nyenyak. Kata para ahli mengonsumsi karbohidrat dapat membuat tidur lebih pulas.

Karbohidrat bantu tidur nyenyak

Dr Clare Morrison, dokter umum di Medexpress, mengutip Kompas (19/11) mengatakan, mengonsumsi karbohidrat bisa bikin kita tidur nyenyak di malam hari.

"Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat baik untuk menjaga berat badan sehat dan tingkat energi yang berkelanjutan, namun pendekatan sebaliknya adalah yang terbaik menyangkut waktu tidur," ucap Morrison.

Karena karbohidrat penting, Morrison mengingatkan untuk nggak tidur dalam keadaan perut kosong. Namun, protein perlu dihindari agar otak nggak terangsang.

Tapi mengapa karbohidrat dapat membuat kita gampang tidur? Jadi, karbohidrat dapat meningkatkan senyawa kimia di otak sehingga kita cepat tidur. yang perlu kamu ingat, karbohidrat olahan seperti tepung putih dan gula mesti dibatasi pada siang hari karena merangsang produksi insulin.

Ketika seseorang kalap mengonsumsinya, bakal terjadi perubahan metabolisme termasuk penambahan berat badan.

"Namun dalam jumlah sedang, peningkatan kadar insulin dapat membantu tidur karena meningkatkan jumlah dua senyawa kimia di otak, triptofan dan serotonin yang pada akhirnya mengurangi kewaspadaan dan memicu kantuk," kata Morrison.

Hm, jadi tahu kan mengapa kita sering merasa mengantuk setelah makan besar, tapi sangat sulit untuk tidur ketika lapar?

O ya, walaupun asupan karbohidrat sebelum tidur memberikan manfaat baik, Morrison memperingatkan untuk nggak makan secara berlebihan.

"Jelas penting untuk tidak makan terlalu banyak, jika tidak kita akan menambah berat badan," tambah wanita itu. "Sebaiknya simpan asupan karbohidrat sampai akhir hari, daripada memakannya saat sarapan."

Jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi

Beberapa sumber karbohidrat baik. (heart.org via IDN)
Beberapa sumber karbohidrat baik. (heart.org via IDN)

Morrison menyarankan kita untuk memilih karbohidrat seperti pisang, sereal, sandwich, dan bubur tanpa tambahan gula yang berlebihan.

Di sisi lain, jangan mengonsumsi karbohidrat yang dikombinasikan dengan kafein seperti cokelat, atau makanan pedas atau berlemak yang bisa mengiritasi sistem pencernaan.

Selain itu, batasi pula asupan minuman beralkohol. Orang mungkin banyak yang berasumsi alkohol dapat menyebabkan kantuk, tapi itu hanya sementara. Minuman keras justru memicu gangguan tidur.

Tidur yang berkualitas bisa membawa manfaat kesehatan fisik serta mental. Karena itu, yuk antisipasi gangguan tidur dengan mengonsumsi karbohidrat yang disarankan, Millens! (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved