BerandaHits
Jumat, 21 Okt 2022 15:11

Tradisi Unik Orang Luar Negeri Sebelum Tidur Nyenyak

Tradisi Unik Orang Luar Negeri Sebelum Tidur Nyenyak

Ada tradisi unik yang dilakukan masyarakat di berbagai negara sebelum tidur. Tradisi tersebut dipercaya bisa membuat tidur semakin berkualitas. (Pixabay/Thanhanvo)

Untuk sebagian orang nggak mudah bisa tidur nyenyak. Ada yang harus melakukan ritual tertentu supaya istirahat malamnya itu berkualitas. Berikut adalah tradisi unik orang di luar negeri sebelum tidur.

Inibaru.id - Hal apa yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum berangkat tidur?

Adakah ritual khusus yang nggak boleh ketinggalan biar tidurmu nyenyak dan berkualitas?

Bersyukurlah kamu yang nggak perlu aktivitas khusus untuk bisa tertidur. Di negara tertentu, masyarakatnya mempunyai tradisi khusus sebelum tidur.

Kebiasaan-kebiasaan unik tersebut dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur. Penasaran negara mana saja itu? Yuk kita simak satu per satu!

Finlandia

Ada tradisi nordik yang dipraktikkan oleh masyarakat Finlandia sebelum tidur. Kebiasaan itu adalah menikmati sauna di malam hari. Sauna bagi masyarakat negara 1000 danau itu dipercaya bisa meningkatkan suhu tubuh. Sauna juga dapat mengendurkan otot-otot yang pada akhirnya bisa membuat orang jadi sangat mengantuk.

Dikutip dari Healthline, ada sebuah survei yang dilakukan pada 2019 terhadap 482 responden. Hasil survei tersebut menyatakan sebanyak 83,5 persen merasakan kualitas tidur yang bertahan 1 hingga 2 malam setelah melakukan sauna.

Ada pula yang melaporkan bahwa mereka melakukan sauna sebanyak 5 hingga 15 kali per bulan. Skor kesejahteraan mental mereka lebih baik ketimbang saat nggak melakukannya. Selain sauna, orang juga harus minum banyak air agar tidurnya berkualitas.

Tiongkok

Untuk bisa merangsang kantuk dan tertidur pulas, masyarakat Tiongkok mempunyai kebiasaan merendam kaki di air hangat. (Thedoctorhealthy)
Untuk bisa merangsang kantuk dan tertidur pulas, masyarakat Tiongkok mempunyai kebiasaan merendam kaki di air hangat. (Thedoctorhealthy)

Untuk bisa merangsang kantuk dan tertidur pulas, masyarakat Tiongkok mempunyai kebiasaan merendam kaki di air hangat sambil memakan buah kesukaan. Ya, sekilas itu memang seperti spa kaki atau pedicure ya, Millens?

Kebiasaan itu sebenarnya berakar pada Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Cara itu terbukti bagus untuk bersantai karena menenangkan otot yang lelah.

“Suhu yang hangat akan membantu menurunkan Qi dari kepala dan membuatmu rileks,” kata Debbie Kung, seorang dokter TCM dan ahli akupuntur berlisensi.

India

Untuk mengatasi sulit tidur, masyarakat India mempunyai ramuan Ayurveda dan obat tradisional anak Ashwagandha yang telah digunakan selama ribuan tahun. Obat tersebut berguna untuk mengurangi stres, tidur nonrestoratif, kecemasan, insomnia, dan mendukung pengobatan kesehatan mental.

Jepang

Shikibuton merupakan kasur futon Jepang yang digunakan di lantai. (Borealmattress)
Shikibuton merupakan kasur futon Jepang yang digunakan di lantai. (Borealmattress)

Jepang mempunyai tradisi tidur di atas shikibuton. Itu adalah kasur futon Jepang yang digunakan di lantai. Selain menghemat ruang, shikibuton juga bermanfaat untuk kualitas tidur dan kesehatan.

Biasanya shikibuton dibuat dengan bahan ramah lingkungan dan alami seperti kapas dan wol. Meskipun nggak banyak penelitian tentang manfaat kasur futon, tapi shikibuton telah diyakini oleh beberapa orang dapat membantu mencegah dan meringankan nyeri punggung bawah dan memberikan dukungan untuk tulang belakang.

Amerika

Desa Guatemala, Amerika memiliki tradisi yang unik. Mereka mempunyai worry doll atau boneka kekhawatiran yang terbuat dari kayu, kawat, atau kain berwarna-warni dan mengenakan pakaian tradisional Maya.

Boneka itu sering diberikan kepada anak-anak yang cemas agar mereka menceritakan kekhawatiran dan ketakutan kepada boneka. Setelah itu, boneka diletakkan di bawah bantal sebelum tidur.

Nggak ada penelitian ilmiah yang menyatakan boneka itu dapat menghilangkan kekhawatiran. Tapi diperkirakan cara itu bisa meredakan stres secara simbolis, sehingga dapat membantu mengatasi emosi yang sulit.

Nah, kalau suatu saat kesulitan tidur, kamu bisa mengadopsi salah satu cara yang ada di negara-negara tersebut ya, Millens. Selamat mencoba! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik untuk Membuatmu Tidur Lebih Nyenyak.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved