BerandaHits
Selasa, 29 Nov 2022 19:10

Minum Air Putih Sebelum Tidur, Apakah Perlu?

Minum Air Putih Sebelum Tidur, Apakah Perlu?

Perlukah kita minum air putih sebelum tidur? (via Nakita)

Air putih memang sumber cairan terbaik bagi tubuh. Kamu bisa meminumnya kapan pun. Tapi perlukah minum air putih sebelum tidur? Simak penjelasannya.

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, minum segelas air putih sebelum tidur merupakan ritual wajib. Memang, air putih merupakan sumber cairan terbaik untuk tubuh. Ketika tubuh cukup minum, dahaga dan dehidrasi bisa diatasi.

Sebagai informasi, air putih dalam jumlah cukup juga bermanfaat untuk pelumasan sendi dan memecah limbah, lo.

Tapi, bolehkan air putih diminum sebelum tidur?

Air putih memang bermanfaat, maka nggak heran jika banyak orang menyukai minuman ini. Beberapa orang bahkan sengaja menyiapkan air putih di dekat tempat tidur. Dengan begitu, air putih bisa segera didapat ketika terjaga.

Walaupun begitu, tahukan kamu jika minum terlalu banyak air putih sebelum tidur nggak direkomendasikan?

Diwartakan Cleveland Clinic, spesialis sleep disorder Jessica Vensel Rundo mengatakan, minum banyak air putih sebelum tidur kurang baik untuk tubuh.

Minum air putih bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu karena harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

Gangguan tidur ini mengakibatkan tubuh sulit beristirahat secara total. Akibatnya, kamu mungkin bakal merasa lemas, kurang fokus, dan mengantuk pada keesokan harinya.

"Minum air putih membuat tidur Anda terganggu dan membuat Anda sulit memejamkan mata kembali," kata dr. Vensel Rundo kepada Cleveland Clinic.

Buang air kecil di malam hari lama kelamaan mengganggu sistem kekebalan tubuh. (Orami photo stock)
Buang air kecil di malam hari lama kelamaan mengganggu sistem kekebalan tubuh. (Orami photo stock)

Belum lagi gangguan tidur seperti hasrat buang air kecil lama kelamaan juga bikin sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mental terganggu. Kalau sudah begini, kamu mungkin bisa mengalami beberapa kondisi berikut ini:

- gangguan memori,

- infeksi,

- tekanan darah tinggi,

- kolesterol tinggi,

- berat badan naik,

- risiko kanker.

Lalu, kapan sebaiknya berhenti minum air putih?

Minum air putih sebelum tidur memang nggak baik, tapi kamu masih boleh kok minum air dua jam sebelum tidur. Dengan cara ini, kamu nggak bakal mengalami kelebihan cairan yang bikin harus bolak-balik ke toilet.

"Anjuran umumnya adalah konsumsi kurang dari segelas air dalam dua jam terakhir sebelum tidur dan minumlah sedikit demi sedikit," ujar Vensel.

Tapi, kalau kerongkonganmu kering tepat sebelum pergi tidur, nggak apa-apa kok kalau harus minum air putih. Ini juga berlaku untuk menelan obat sebelum tidur ya.

Jadi gimana, kamu tim minum air putih sebelum tidur atau bangun tidur nih, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved